Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Wah, Browser Ini Justru Akan Membayar Anda Setiap Melihat Iklan Lho!

Friday, March 15th 2019. | Artikel
Browser

Browser

Apa saja nama browser atau mesin perambah yang Anda ketahui? Nama-nama seperti Firefox milik Mozilla, Chrome dari Google, Safari kepunyaan Apple, atau bahkan Internet Explorer dari Windows barangkali adalah jawaban yang paling banyak didengar. Meski demikian, hal itu bukan berarti tidak ada browser lain yang sudah beredar di pasaran atau tengah dikembangkan.

Salah satunya adalah Brave, yang proyek pengembangannya sendiri dipimpin oleh Brendan Eich, mantan Chief Executive di Mozilla. Dan dibandingkan dengan berbagai nama mesin perambah yang sudah mendahului dan lebih populer, Brave menawarkan berbagai hal menarik dan unik yang tidak bisa pengguna temukan pada browser lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya dalam memblokir iklan website yang umum ditemukan secara default.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Akan tetapi, pada bulan Januari kemarin, Brave mulai menguji iklan yang muncul pada notifikasi milik para pengguna Brave yang sedang aktif dan menggunakan browser ini. Dari pengujian tersebut, lantas dikembangkan sehingga para pengguna justru akan dibayar jika mereka melihat atau mengklik iklan tersebut. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan praktik yang selama ini terjadi, di mana pemilik dan pemasang iklan lah yang akan mendapatkan uang jika para pengguna menonton atau mengklik iklan itu. Akan tetapi, fitur ini baru terbatas pada bersi uji pengembang Brave saat ini.

Dari total yang diperoleh Brave dari iklan yang dipasang tersebut, 70 persennya akan dikirimkan kepada para pengguna. Artinya, hanya 30 persen dari pendapatan iklan tersebut yang akan didapatkan oleh Brave. Meski begitu, tentu saja ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dari hal tersebut.

Salah satunya adalah sistem pembayaran yang diberikan untuk para pengguna yang mengikuti program pengujian ini harus mendapatkan setidaknya $5 per bulan. Di samping itu, cara pembayarannya sendiri tidak menggunakan mata uang dolar konvensional, melainkan dengan menggunakan BAT alias basic attention toket, yang merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang beredar. Dan BAT ini memang merupakan mata uang kripto yang dibuat oleh perusahaan yang mengembangkan Brave juga.

Pada dasarnya, sistem pembayarannya adalah Brave akan melakukan transfer BAT kembali kepada para website publisher, YouTuber, serta para streamer Twitch sebagai sebuah yang didesain untuk memberikan subsidi kepada berbagai konten online gratis. Anda pun bisa memilih untuk menyimpan BAT yang Anda terima, dan kemudian menguangkannya.

Desain iklan pada browser Brave pun berbeda karena memegang nilai kerahasiaan privasi para penggunanya. Dan Brave akan mencocokkan iklan berdasarkan penilaiannya sendiri atas ketertarikan Anda sebagai pengguna tanpa memberitahukan informasi tersebut kepada para pengiklan atau website publisher, selain informasi verifikasi bahwa Anda sudah melihat iklan yang dipasang. Hal ini jelas berkebalikan dengan teknologi iklan online saat ini, seperti yang dipraktikkan Facebook lewat pengumpulan data personal para penggunanya.

tags: , , , ,