Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Tools Untuk Meningkatkan Performa Situs Online Anda

Tuesday, April 23rd 2019. | Artikel
Performa Situs Online

Performa Situs Online

Saat ini terdapat lebih dari 15 milyar situs di dunia yang meski memang di antaranya banyak yang sudah tidak aktif namun situs yang masih aktif pun angkanya sangat besar. Makin banyak orang, bisnis, perusahaan, organisasi, dan brand memiliki situsnya sendiri-sendiri sehingga situs yang Anda buat atau miliki harus bisa memiliki keunggulan tersendiri sehingga makin banyak traffic yang masuk dan makin tinggi konversinya. Nyatanya tidak mudah untuk menjadi situs yang memiliki otoritas di antara situs lain dengan niche yang sama, oleh karena itu berikut ini adalah tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat performa situs jadi lebih baik.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Tools untuk monitoring

Setidaknya dalam mengelola situs yang dimiliki Anda sebaiknya menggunakan satu monitoring tools yang bisa digunakan. Fungsinya adalah untuk menganalisa bagaimana performa situs Anda setelah menerapkan teknik SEO tertentu, atau untuk menganalisa bagian mana dari situs yang membutuhkan peningkatan kualitas apakah landing page menarik kurang banyak konversi, halaman yang loading terlalu lama, maupun faktor-faktor lainnya. Ada banyak macam tools yang bisa digunakan mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Anda juga bisa menggunakan tools yang bisa memberikan pemberitahuan dengan cepat ketika ada masalah pada situs misalnya server down, dan lainnya.

Gunakan CDN (content delivery network)

CDN adalah tool yang memiliki cara kerja sebagai load balancer yaitu ketika traffic sedang tinggi, agar tidak terjadi kemacetan di satu server saja, maka CDN akan membagikan traffic tersebut ke beberapa server yang lainnya sehingga beban bandwidth bisa lebih ringan. Traffic yang tinggi dengan kapasitas bandwidth yang kurang memadai adalah salah satu faktor mengapa sebuah situs bisa lebih lama loading-nya padahal pengguna internet jaman sekarang makin tidak sabaran. Dalam  hitungan detik jika halaman tidak kunjung terbuka maka ia akan beralih ke situs yang lain dan tentunya hal ini bisa merugikan Anda.

Pastikan teroptimasi untuk pengguna mobile

Dari sekian banyak pengguna internet saat ini lebih dari setengahnya menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengakses internet menggunakan ponsel atau mobile gadget yang lain. Oleh karena itu situs yang bisa terbuka dan berjalan dengan baik untuk versi desktop belum tentu memiliki performa yang sama ketika dibuka menggunakan perangkat mobile. Bisa jadi situs Anda akan rugi banyak traffic jika versi mobile-nya tidak dioptimalkan.

Mengoptimasi situs agar mobile-friendly bisa dilakukan dengan cara menggunakan layanan host yang stabil dan berkualitas tinggi, menggunakan tema desain situs yang responsif, mendesain ulang pop-up, dan lainnya. Penting juga untuk melakukan pengujian performa situs ketika dibuka menggunakan berbagai macam perangkat misalnya perangkat dengan ukuran layar yang berbeda, sistem operasi yang berbeda, dan sebagainya.

tags: , , ,