Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Telah Dirilis Zorin OS 15 Yang Berbasis Ubuntu 18.04.2 LTS

Wednesday, June 12th 2019. | Artikel
Zorin OS 15

Zorin OS 15

Versi baru dari Zorin OS, linux distro berbasis Ubuntu yang user-friendly telah dirilis dan bisa Anda unduh sekarang. Zorin OS 15 dibuat berdasarkan dengan Ubuntu 18.04.2 LTS dan telah mendapatkan banyak ulasan yang bagus bagi penggunanya. Pengguna Zorin OS 15 akan mendapatkan update  dari Linux kernel di waktu mendatang serta akses terhadap update aplikasi baru melalui Canonical’s Hardware Enablement Stack. Zorin sendiri sudah dikenal sebagai linux distro yang sangat mudah untuk digunakan dan beberapa tahun belakangan tingkat kepuasan pengguna pada Zorin makin tinggi. Jadi ada apa saja di Zorin OS 15?

Bagi Anda yang mengikuti update baru dari Zorin sebelumnya mungkin menggunakan Zorin 12, lalu agak bingung kenapa langsung lompat ke versi 15 tanpa merilis versi 13 dan 14? Menurut pembuatnya update kali ini digunakan untuk memperbaiki penomoran rilisan update yang pada sebelumnya diselingi dengan update-update yang bercabang dari update utamanya. Jadi versi yang baru sekarang adalah versi yang dikeluarkan nomor 15 jika menghitung dari semua versi Zorin yang pernah dibuat sebelumnya.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Zorin OS memiliki tampilan desktop yang mirip dengan Windows sehingga tidak jarang orang menggunakan distro ini adalah pengguna yang baru beralih dari Windows ke Linux. Namun bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan tampilan yang tradisional, versi baru dari Zorin menawarkan beberapa macam layout alternatif termasuk salah satunya adalah yang disebut dengan “touch mode”. Ketika mode tersebut diaktifkan maka tata letak aplikasi akan diatur sedemikian rupa agar space yang tersedia bisa lebih maksimal dan efisien. Anda juga bisa mengaktifkan gesture  untuk menggeser dan mencubit untuk mengaktifkan task bar maupun aksi lainnya.

Fitur lain yang ada di Zorin OS 15 yang cukup menyita perhatian adalah integrasinya dengan Android smartphone. Anda bisa menghubungkan desktop dengan ponsel Anda melalui aplikasi Zorin Connect untuk menggunakan berbagai macam fitur yang keren seperti misalnya untuk menggunakan ponsel sebagai mouse, transfer data yang lebih cepat antara PC dengan ponsel, melihat dan membalas pemberitahuan yang muncul di ponsel Anda melalui PC, melihat dan menggunakan kontrol untuk media, serta masih banyak lagi fungsi koneksi yang lainnya.

Berbagai macam perubahan dan tambahan lainnya yang ada di Zorin OS 15 antara lain adalah Mozilla Firefox yang menjadi default browser untuk PC yang sebelumnya menggunakan Chromium. Versi baru Zorin OS juga dilengkapi dengan rilisan baru LibreOffice 6.2, dan beberapa macam aplikasi inti dari GNOME seperti misalnya Calendar, Weather, dan Todo. Karena rilisan ini berbasis Ubuntu 18.04.2 LTS maka di waktu yang akan datang pengguna Zorin OS 15 juga akan mendapatkan update ketika Ubuntu merilis Linux kernel 5.0 sebagai bagian dari Ubuntu 18.04.3 LTS.

tags: , ,