Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Rekomendasi Cloud Office Suite Terbaik 2019

Thursday, July 11th 2019. | Artikel

Perkembangan teknologi cloud saat ini memungkinkan orang bisa dengan mudahnya bekerja di mana saja dan kapan saja tanpa harus berkutat menggunakan komputer yang sama. Anda bisa bekerja dengan menggunakan berbagai macam perangkat komputer yang tersedia, bekerja secara tim menggarap dokumen, spreadsheet, saling memberikan masukan dan koreksi langsung di dokumen tersebut, dan berbagai macam kegiatan produktivitas lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak berbasis cloud. Berikut kami rekomendasikan layanan cloud office suite yang memiliki fitur terbaik, mudah digunakan, baik untuk Anda yang bekerja di rumah maupun bagi para pengusaha dan profesional yang dinamis.

Microsoft Office 365

Harganya agak lebih mahal dibandingkan dengan layanan cloud office suite yang lainnya namun fitur yang Anda dapatkan sesuai dengan nilai investasinya. Layanan cloud office suite dari Microsoft ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit dokumen di aplikasi office dari Microsoft bahkan bisa langsung berkolaborasi dengan orang lain secara real time. Anda bisa mengakses aplikasi-aplikasi office terbaik dengan akun Microsoft Office 365 tanpa harus menginstal aplikasi office di perangkat komputer yang Anda gunakan untuk kerja. Layanan cloud office suit ini juga sudah terintegrasi dengan OneDrive di mana setiap penggunanya mendapatkan storage sebesar 1 TB.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

G Suite 

G Suite adalah layanan cloud office suite dari Google yang merupakan pesaing utama dari Microsoft Office 365. Aplikasi G Suite yang bisa Anda gunakan untuk produktif adalah Docs, Sheets, Sites, Slides, Gmail, Hangouts, Calendar, dan aplikasi lain yang tergabung dalam brand G Suite. Pengguna bisa bekerja menggunakan aplikasi, mengeditnya langsung bersamaan dengan orang lain, ngobrol menggunakan aplikasi chat yang sudah built-in atau menuliskan komentar di dokumen yang sedang diedit, bisa mengekspor berbagai macam format dokumen, dan masih banyak lagi fitur produktivitas lainnya. 

Zoho Workplace

Jika kedua layanan cloud office suite di atas mengharuskan pengguna untuk membayar, Zoho memiliki paket tier yang gratis yang bisa dicoba oleh tim kecil karena Anda bisa produktif bersama dengan 5 orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Selain memiliki aplikasi office yang standar, Zoho juga dilengkapi dengan tools untuk melakukan kolaborasi serta melakukan konferensi via video, teks, maupun suara. Setiap aplikasi dan tools-nya juga bisa Anda unduh secara individual di Google Play Store maupun Apple Store. Untuk pengguna gratis mendapatkan storage 5 GB satu orang sementara untuk kelas premiumnya mendapatkan storage 30 GB.

OnlyOffice

OnlyOffice menawarkan layanan cloud office suite berbasis komunitas alias open source tanpa dipungut biaya namun dengan fitur yang sudah cukup lumayan untuk kelasnya. OnlyOffice bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki tim kecil, bagi pengusaha bisnis kecil, atau bagi Anda yang bekerja sendiri karena ia bisa terkoneksi hingga sebanyak 20 pengguna dalam waktu yang bersamaan. Selain tersedia aplikasi office standard, OnlyOffice juga memiliki fitur untuk memudahkan pebisnis mengelola dan mengeksekusi pesanan hingga mendokumentasikan penjualan. 

tags: , , , , ,