Plugin sedikit tapi web lemot (lambat), Kenapa?

Saturday, September 15th 2018. | Artikel

jumlah plugin

Website lemot (lambat) disebabkan karena beberapa hal:

  1. Hosting yang lambat
    Untuk cek kecepatan hosting, silahkan gunakan situs google page speed: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id . Sebelum ditest, silahkan anda ganti theme web anda dengan theme standar bawaan wordpress misalnya twenty ten. Lalu disable semua plugin yang terinstall. Lalu silahkan ditest
  2. Script Theme yang berat atau bermasalah
    Dari langkah 1 di atas, Jika hasilnya adalah hosting cepat. Tapi situs masih lemot, Langkah selanjutnya adalah tes kecepatan theme. Caranya anda ganti theme web anda dengan theme standar bawaan wordpress lalu anda cek di google page speed. Jika hasilnya cepat berarti theme anda yang membuat web anda jadi lemot. Silahkan perbaiki theme anda atau ganti theme lain yang lebih cepat.
  3. Script Plugin yang berat atau bermasalah
    Dari langkah 1 dan 2 di atas, Jika hasilnya adalah hosting cepat. Theme juga cepat. Tapi situs masih lemot, Langkah selanjutnya adalah tes kecepatan plugin. Caranya anda nonaktifkan plugin satu persatu lalu anda cek di google page speed. Plugin mana yang membuat web lambat akan ketahuan. Silahkan perbaiki  plugin anda atau ganti plugin lain yang lebih cepat.
  4. Malware
    Jika hosting cepat, theme cepat, plugin cepat, tapi situs masih lemot. kemungkinan web anda terinfeksi malware. Cek pakai situs ini: sitecheck.sucuri.net . Jika benar ada malware, Silahkan bersihkan malware nya.
  5. Koneksi internet anda lambat
    Jika point 1-4 sudah dicek dan tidak ada masalah (semuanya cepat). Berarti yang bermasalah adalah koneksi internet yang anda gunakan lambat.
tags: , , ,