Pagespeed Insight v.5 Kini Dilengkapi Dengan Lighthouse

Monday, December 3rd 2018. | Artikel
Pagespeed Insight v.5

Pagespeed Insight v.5

Untuk bisa terindex oleh Google dengan peringkat yang tinggi, kecepatan sebuah situs adalah hal yang krusial dalam proses optimasinya. Para webmasters pun bisa menggunakan berbagai macam tool yang tersedia untuk memahami performa dari sebuah situs atau halaman tertentu. Sayangnya tool-tool ini pada umumnya menggunakan mesin analisa yang berbeda sehingga menimbulkan kebingungan karena rekomendasi yang diberikan oleh setiap hasil analisa jadi berbeda. Sekarang, webmasters bisa lebih santai karena Google mengumumkan Pagespeed Insight (PSI) sekarang sudah menggunakan Lighthouse sebagai mesin penganalisanya.

Pengaruh penggunaan Lighthouse untuk PSI

Dengan digunakannya Lighthouse untuk mendukung PSI, para pengembang dan webmasters bisa mendapatkan hasil audit performa yang sama dan mendapatkan rekomendasi yang sama di mana saja. Baik pada situs, dari command line, dan juga dari ChromeDevTools. PSI juga akan menggabungkan data yang disediakan dari CrUX (Chrome User Experience Report) yang bisa Anda dapatkan dari PSI API versi 5. Dengan demikian PSI kini bisa menyediakan data yang didapatkan dari CrUX dan juga dari audit-audit yang dilakukan oleh Lighthouse. Jadi bagi Anda yang masih menggunakan PSI versi lama segera update ke v.5 karena dalam 6 bulan dari bulan November ini versi lamanya tidak lagi digunakan.

 

Ingin Buat website yang loadingnya cepat? Bisa pesan web di https://velocitydeveloper.com

 

Data apa saja yang disajikan oleh Pagespeed Insight?

  1. Lab data

PSI mengambil data halaman situs kemudian menganalisanya dengan menggunakan Lighthouse di mana mesin ini memberikan simulasi bagaimana sebuah perangkat mobile memuat halaman. Hasil analisa menunjukkan rangkaian berbagai macam ukuran metric performa dari halaman tersebut kemudian meringkas metric-metric ini ke dalam kategori skor dari 0 hingga 100.

  1. Field data

PSI juga menampilkan data real dari performa halaman situs dan asalnya, namun tidak semua situs memiliki field data yang bisa ditampilkan. Hal ini karena data yang ditampilkan tergantung pada versi CrUX yang di-update setiap hari yang dikumpulkan selama 28 hari sebelumnya. Data metric yang ditampilkan bisa berbeda dari yang muncul pada lab data.

  1. Peluang-peluang optimasi halaman

Dengan dukungan Lighthouse, PSI menyediakan berbagai macam rekomendasi untuk bagaimana bisa melakukan optimasi pada metric halaman sebagai ukuran performanya. Masing-masing rekomendasi memperkirakan seberapa cepat halaman akan termuat jika strategi optimasinya diterapkan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan gambaran dari hasil yang akan didapatkan dari strategi yang Anda miliki untuk meningkatkan kecepatan situs atau halaman landing tertentu.

  1. Diagnosa

Pada bagian ini data yang ditunjukkan oleh PSI berkaitan dengan informasi tambahan tentang bagaimana sebuah halaman bisa mengikuti dari langkah-langkah yang diterapkan dalam pengembangan situs.  Untuk bisa mendapatkan berbagai macam data di atas Anda hanya cukup memberikan URL pada halaman yang ingin dianalisa dengan menggunakan PSI v.5 API.