Google Memperkenalkan reCAPTCHA v3 Untuk Melawan Bot

Sunday, December 2nd 2018. | Artikel
recaptcha v3

recaptcha v3

Bulan Oktober lalu, Google baru saja mengumumkan reCAPTCHA v3 yang merupakan cara yang lebih efisien dan user-friendly untuk mencegah adanya traffic hantu masuk ke situs Anda. Keunggulan yang dimiliki sistem baru ini antara lain adalah bisa menyaring antara manusia dengan bot dengan lebih efektif, sambil memberikan UX yang lebih baik bagi pengunjung situs Anda. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah kelebihan dari reCAPTCHA v3 dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Kenyamanan pengunjung situs yang lebih baik

Bagi webmasters, reCAPTCHA adalah cara yang cukup efektif untuk menangkis traffic-traffic hantu alias traffic yang tidak ada hubungannya dengan interaksi manusia sehingga data traffic yang masuk ke alat analisa metric adalah data yang berdasarkan pada interaksi manusia dengan situs, bukannya campuran data bot. Tetapi bagi pengunjung, adanya reCAPTCHA bisa jadi halangan yang dirasa merepotkan karena pengunjung harus melakukan hal sesuai yang diminta. Pada reCAPTCHA versi 1 misalnya, pengunjung harus memasukkan kode yang berupa angka dan huruf acak ke dalam box, pada versi 2 pengunjung harus mengklik gambar-gambar yang sesuai dengan permintaan sistem. Seringkali, rangkaian kode atau gambar yang disajikan kurang jelas sehingga pengunjung kesulitan untuk masuk ke dalam situs. Dengan reCAPTCHA versi 3 yang bekerja di balik layar, sistem ini berfungsi untuk tetap membedakan mana manusia mana bot, memberikan pemberitahuan kepada webmaster jika ada traffic yang mencurigakan, tanpa mengganggu UX dari pengunjung.

 

PROMO: PESAN WEBSITE AMAN DARI HACKER DAN SPAM. HANYA DI VelocityDeveloper.com

 

Deteksi bot yang lebih akurat dengan “Action”

ReCAPTCHA versi 3 menggunakan konsep baru yang diberi nama “Action”, sebuah tag yang bisa webmasters gunakan untuk menentukan langkah-langkah kunci yang diambil oleh pengunjung dan memungkinkan sistem ini melakukan analisa pada konteksnya. Google merekomendasikan bagi para webmaster untuk memasang reCAPTCHA v3 pada beberapa landing page agar sistem bisa beradaptasi dan melakukan analisa terhadap pola-pola serangan bot yang lebih akurat dengan melihat aktivitas yang dilakukannya pada halaman-halaman yang berbeda pada situs Anda.

Untuk melihat hasil kinerja dan performa dari reCAPTCHA v3, Anda bisa mengakses konsul admin di mana Anda bisa mendapatkan review yang lebih penuh dan lengkap dari hasil analisa reCAPTCHA terhadap aktivitas di situs Anda. Data yang disajikan nantinya bisa membantu Anda untuk menentukan halaman mana pada situs Anda yang menjadi target serangan oleh bot dan seberapa mencurigakannya traffic yang masuk pada halaman-halaman tersebut.

Menangkis spam lebih fleksibel dengan reCAPTCHA v3

Dengan sistem yang baru, reCAPTCHA akan memberikan Anda skor untuk mengukur seberapa mencurigakannya traffic yang masuk ke dalam situs. Skor ini bisa dimanfaatkan dalam tiga cara, yaitu:

  1. Skor bisa digunakan untuk menentukan ambang batas untuk menentukan kapan seorang pengunjung bisa masuk ke situs atau kapan pengunjung tersebut harus diverifikasi dengan menggunakan sistem autentifikasi tertentu.

  2. Yang kedua, webmasters bisa menggabungkan skor dari reCAPTCHA dengan sinyal-sinyal yang didapatkan dari tool lain misalnya profil dari pengunjung atau riwayat transaksi, untuk menentukan mana traffic yang aman, mana yang harus diautentifikasi.

  3. Ketiga, webmasters bisa menggunakan skor dari reCAPTCHA sebagai salah satu tanda untuk melatih learning machine yang dimiliki untuk melawan aktivitas traffic yang merusak.