Niche dan Platform untuk Cara Buat Blog Sendiri

Monday, June 25th 2018. | Artikel
Contoh desain website pribadi - www.margarethaherawati.com

Contoh desain website pribadi – www.margarethaherawati.com

 

Cara buat blog sendiri dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, terutama berkaitan dengan topik serta kepentingan dari pembuatan blog itu sendiri.

Niche: Topik Blog

Blog pada dasarnya merupakan sekumpulan tulisan, gambar, maupun file audio visual yang ditujukan untuk kepentingan pribadi. Dalam perkembangannya, blog tidak hanya menjadi sekedar catatan harian dalam internet, tetapi juga ajang untuk berbagi dan mengembangkan usaha. Blog juga sering dilengkapi dengan link – link video sehingga dikenal dengan sebutan vlog. Sebelum memutuskan untuk membuat sebuah blog, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu topik yang akan diangkat melalui blog itu sendiri.

Dalam bahasa program, topik ini disebut dengan niche. Niche tidak harus banyak dan beragam, cukup satu tapi detail dan informatif.  Bagi pemula, niche sebaiknya disesuaikan dengan minat yang dimiliki. Minat inilah yang menjadi inti dari setiap konten yang menghiasi blog. Oleh karenanya, tanpa minat, akan sangat berat untuk mengembangkan sebuah blog.

Blog Platform

Sebuah blog tidak dapat berdiri tanpa adanya platform yang menaungi. WordPress, blogspot, blogger, multiply, livejorunal, maupun weebly merupakan beberapa jenis platform yang dapat dipergunakan dalam cara buat blog sendiri. Untuk memilih platform ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Interface

Interface meliputi tampilan platform serta kemudahan dalam sistem navigasi fitur. Platform blog yang tersedia di internet telah dilengkapi dengan template yang dapat diaplikasikan sesuai dengan tema blog yang akan dibangun. Template – template ini ada yang disediakan secara gratis, ada pula yang berbayar untuk blog profesional.

Dari segi fleksibilitas, attractiveness, dan ease of use, maka wordpress masih menjadi jawara untuk interface bagi pemula maupun profesional. Di ikuti dengan platform yang kedua adalah blogger meskipun tampilannya masih terkesan sederhana dan agak ketinggalan jaman.

  1. Popularitas dan komunitas

Untuk tingkat popularitas, tentu saja wordpress di urutan pertama dengan jumlah komunitas yang tersebar diberbagai belahan dunia. Kemudahan dalam navigasi serta open source pendukungnya merupakan alasan utama kepopulerannya. Selain itu, dengan komunitasnya yang semakin berkembang, tutorial cara buat blog sendiri dengan wordpress dapat ditemukan dengan mudah di internet.  

  1. Biaya

Bagi pemula, mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah blog tentu tidak ringan. Apalagi tanpa mengetahui dengan pasti keuntungan yang dapat diperoleh dengan blog tersebut. Apabila untuk sekedar menyalurkan hobi, maka sebaiknya memilih platform yang dapat memberikan layanan secara gratis. Meski sebagai konsekuensinya adalah penggunaan embel – embel platform dalam domain dan kapasitas blog yang terbatas.

Tetapi, seiring dengan berkembangnya blog, domain ini dapat dimodifikasi supaya terkesan lebih profesional. Dan, selama masih berada dalam satu lingkup platform yang sama, proses migrasi blog sangat jarang menimbulkan kerusakan pada tampilan maupun traffic. Layanan jasa pembuatan website dapat memastikan keamanan data selama proses migrasi dari cara buat blog sendiri menjadi sebuah blog profesional.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,