Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

KEUNTUNGAN Lebih Layanan Firefox Monitor

Sunday, January 27th 2019. | Artikel
Firefox Monitor

Firefox Monitor

Layanan berupa Firefox Monitor semakin ditingkatkan oleh Mozilla sebagai developernya. Browser Firefox secara otomatis akan menampilkan notifikasi khusus. Terutama bila website yang diakses sedang mengalami gangguan keamanan.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Notifikasi Atas Pelanggaran Data Pada Website

Platform dari Troy Hunt yakni HIBP (Have I Been Pwned) diandalkan sebagai pendukung layanan Firefox Monitor tersebut. Sebelumnya memang sudah digunakan platform yang sama. Tujuannya untuk membantu para pemakai Firefox dalam menemukan pelanggaran data pada akun emailnya. Sehingga layanan ini begitu penting bagi para pemakai browser tersebut.

Jadi HIBP adalah layanan yang bisa diandalkan para pemakai internet guna pemeriksaan khusus terhadap data pribadi mereka. Sehingga mereka bisa mengetahuinya secara akurat, apakah menjadi korban dari pelanggaran tersebut atau sebaliknya.

Layanan sangat fungsional ini pastinya sangat penting dan bermanfaat. Oleh karena bisa sekaligus memberikan pemberitahuan kepada Anda, saat mengakses website bermasalah karena melakukan pelanggaran data. Jadi nantinya ada notifikasi khusus sebagai pemberitahu informasi tersebut.

Pentingnya fitur tersebut maka pihak Mozilla menyatakan akan meluncurkan ke semakin banyak pemakai Firefox Quantumm. Setidaknya dalam beberapa minggu ke depan. Kalau Anda tidak pernah mendapatkan notifikasi berupa pelanggaran data sebelumnya, maka Firefox akan menampilkan peringatan saat Anda mengakses situs yang dianggap bermasalah. Jadi daftar  website bermasalah itu akan dimasukkan dalam HIBP, setidaknya untuk rentang durasi 12 bulan sebelumnya.

Anda Bisa Menonaktifkan Notifikasi

Meskipun layanan Firefox Monitor sangat bermanfaat. Akan tetapi ada pula pengguna internet yang merasa terganggu dengan notifikasi yang muncul di layar monitor. Mozilla sebagai pengembangnya sangat memahami kondisi tersebut. Untuk itu, sudah terdapat fitur khusus guna menonaktifkan notifikasi itu.

Mozilla sudah menyematkan mekanisme sederhana, agar setiap pengguna sangat mudah melakukannya. Caranya dengan cukup mengklik ikon dengan lambang panah. Ikon itu terdapat di notifikasi ketika pertama kali muncul. Anda kemudian bisa memilih opsi never show Firefox Monitor alerts. Jadi menu ini untuk tidak menampilkan lagi notifikasi dari layanan tersebut.

Notifikasi pelanggaran data akan menunjukkan rincian atas pelanggaran keamanan website.Tidak hanya itu keuntungannya. Tapi juga Anda bisa lebih cepat dalam mengakses layanan tersebut. Sehingga Anda bisa mendapatkan informasi apakah akun email Anda sudah diretas oleh hacker atau tidak. Termasuk apakah emailnya teridentifikasi terjadi pelanggaran data atau tidak.

Nah, agar bisa mengetahui apakah email Anda sudah termasuk dalam bagian pelanggaran data atau belum, maka bisa mengakses situs resminya melalui monitor.firefox.com. kemudian Anda bisa memasukkan data alamat emailnya. Selanjutnya Firefox Monitor akan menelusuri database dari HIBP agar dilakukan pencocokan. Pastinya dengan adanya dukungan layanan tersebut, maka keamanan pengguna browser Firefox akan semakin terjamin. Sehingga Anda merasa nyaman dan aman dalam menggunakannya.

 

tags: , ,