Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

INILAH Fitur Anyar Firefox Android Versi 63

Saturday, January 26th 2019. | Artikel
Firefox Android Versi 63

Firefox Android Versi 63

Firefox Android Versi 63 sudah diluncurkan oleh Mozilla. Pastinya kehadirannya juga dibarengi dengan berbagai peningkatan layanan dan peremajaan fitur fungsionalnya. Nah, apa sajakah yang ditawarkan browser firefox terbaru tersebut?

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Fitur Baru Firefox Android

Sejumlah fitur terbaru itu diantaranya adanya fitur Picture in Picture. Sekaligus adanya peningkatan performa. Fitur Picture in Picture tersebut sangat memudahkan Anda saat menjalankan dua aktivitas sekaligus. Sebagai contoh Anda menyaksikan video, dan sekaligus mengakses aplikasi lainnya dari browser Firefox.

Untuk versi Firefox Android terbaru ini sudah melalui serangkaian uji coba secara beta. Pengujian itu sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Sekarang ini versi finalnya bisa didownload setiap pengguna smartphone Android melalui Google Play Store.

Meskipun sudah diluncurkan dan bisa digunakan, tapi pihak Mozilla akan tetap melakukan pengujian atas kinerja dan efektivitasnya. Ada pula fitur fungsional lainnya yang disematkan pada Firefox Android tersebut. Seperti opsi tab yang disinkronkan, pesan lokasi, media playback, unduhan sampai dengan fitur push notifications.

Bisa Browsing Semakin Cepat

Penambahan bermacam fitur baru pada browser tersebut menjadikan akses loading website semakin cepat, daripada kinerja versi sebelumnya. Riset baru Ghostery menjadi dasar penting, kenapa akses Firefox harus semakin cepat. Pada penelitian itu terbukti kalau sekitar 55 persen netizen membuang waktu dalam mengakses website, karena loadingnya yang lama.

Untuk itulah kinerja dalam pemuatan halaman situs sangat diperhatikan oleh Mozilla. Oleh karena loading halaman website yang relatif lama, sangat merugikan pengakses internet. Nightly adalah fitur baru dari Firefox Android Versi 63. Tugasnya adalah melakukan pemblokiran pelacak yang mengakibatkan lamanya pemuatan laman.

Menurut Mozilla kebanyakan pengembang browser tidak memperhatikan kebutuhan penting itu. Itulah kenapa Firefox harus memblokir atas akses penyimpanan konten pelacakan yang dilakukan pihak ketiga. Mozilla juga terus berupaya mendukung proses pelacakan dengan mengandalkan metode sidik jari atau finger printing pemakainya. Tujuannya guna mengidentifikasi dan sekaligus mengontrol perangkatnya.

Perusahaan Mozilla juga sedang menyiapkan produk anyar. Fenix merupakan kode nama bagi produk browser baru yang tengah dikembangkan.  Fenix adalah browser yang didesain khusus untuk perangkat berplatform Android. Karena itu browser tersebut dianggap sebagai proyek rahasia.

Fenix dirancang sebagai browser pribadi, sehingga dimungkinkan akan mengusung mode incognito. Sekarang ini terkait dengan fitur yang akan disematkan belum terdengar kabar pastinya. Termasuk juga terkait dengan kapan waktu perilisan produk browser teranyar tersebut.

Firefox memang sangat produktif dalam melakukan inovasi seputar dunia browser website. Saat ini sudah tersedia produk unggulannya seperti Firefox Klar, Firefox Rocket, Firefox Focus, dan Firefox Android Versi 63. Setiap produk browser tersebut mempunyai target pasar tersendiri. Namun tetap menjadikan Firefox untuk produk flagship besutan Mozilla.

tags: , , , , ,