Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Ini Dia Fitur Baru Google Search

Tuesday, February 12th 2019. | Artikel
Fitur Baru Google Search

Fitur Baru Google Search

Jika belum lama ini Android telah merayakan ulang tahunnya yang ke 10, Google Search atau mesin pencari Google tentu memiliki usia yang lebih tua. Saat ini mesin pencari tersebut telah genap berusia 20 tahun terhitung sejak bulan September kemarin. Selama 2 dekade berjalan, Google Search tentu sudah mengalami banyak sekali perubahan, di antaranya adalah penambahan fitur – fitur untuk memudahkan para pengguna internet dalam melakukan pencarian.

Google belum lama ini telah meluncurkan beberapa fitur baru untuk mesin pencarinya. Fitur baru Google Search tersebut sudah didukung dengan teknologi AI atau artificial intelligence atau kecerdasan buatan untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan bagi pengguna. Ingin tahu apa saja fitur terbaru yang ditawarkan oleh Google Search? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Activity Card

Fitur baru Google Search yang pertama ini berfungsi untuk menunjukkan penelusuran terkait dan pencarian sebelumnya yang sudah pernah dilakukan oleh pengguna dengan topik sama. Melalui fitur tersebut, para pengguna nantinya akan lebih mudah dalam menemukan kesesuaian informasi antara pencarian yang sedang dilakukan dan penelusuran sebelumnya yang dilakukan melalui kata kunci sama. Fitur tersebut akan terlihat di atas hasil pencarian kata kunci yang dimasukkan oleh user.

Search Collections

Sesuai dengan namanya, Collections atau koleksi merupakan fitur yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menyimpan dan mengatur pencarian mengenai topik tertentu. Selain itu, fitur ini juga berkaitan dengan fitur Activity Card di mana pengguna dapat menyimpan hasil pencarian yang terdapat di bilah activity card kemudian menambahkannya ke koleksi

Discover

Fitur yang ketiga ini memungkinkan para pengguna untuk mengakses informasi dan kontrol secara lebih terperinci terhadap konten yang muncul di laman mesin pencari. Fitur Discover tersebut akan muncul di laman mesin pencari Google bagi para pengguna mobile. Google juga telah membuat pencarian gambar maupun video menjadi lebih cerdas. Saat pengguna mencari video, Google pun akan menampilkan preview atau cuplikan di video sesuai dengan keyword yang dicari. Sementara itu untuk pencarian gambar, kabarnya Google sudah merombak beberapa algoritma dan mendukung kemampuan Google Lens dalam melakukan pencarian.

Pathways

Pathways merupakan fitur yang dirancangan oleh Google untuk memudahkan pengguna yang sedang mencari lowongan kerja. Pathways ini tidak hanya sekedar menampilkan deretan lowongan kerja namun juga menampilkan program pelatihan yang dapat diambil oleh pengguna secara terperinci sebagai persiapan untuk meniti karir

Stories

Fitur stories sebelumnya hanya tersedia di Snapchat kemudian diikuti Instagram. Google pun sepertinya tidak ingin ketinggalan untuk menghadirkan fitur ini.

Itulah beberapa fitur baru Google Search. Selain itu, Google juga menghadirkan elemen visual yang lebih banyak di hasil pencarian di antaranya adalah tampilan video unggulan yang terdapat di atas hasil pencarian.

tags: , , , ,