Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Google Merekap Update G Suite Di Tahun 2019

Monday, July 8th 2019. | Artikel
Google+ Versi G Suite

Google+ Versi G Suite

G Suite adalah produk milik Google yang melingkupi Gmail, Hangouts, Calendar, dan Google+ untuk sektor komunikasi, kemudian ada Drive, untuk layanan penyimpanan, serta untuk sektor kolaborasi ada Docs, Sheets, Slides, Forms, dan Sites. Diluncurkan pertama kali tahun 2006, dulunya G Suite memiliki nama “Google Apps For Your Domain”. Hingga tahun 2017, G Suite memiliki 4 juta pelanggan akun bisnis yang berlangganan dan 70 juta pengguna untuk kepentingan pendidikan.

Dalam sebuah unggahan blog di situs resminya, Google melakukan rekap untuk produk G Suite yang dikatakan cukup sibuk untuk tahun 2019 ini, salah satunya adalah perayaan ulang tahun ke-15 untuk Gmail, dan berbagai macam perbaruan fitur untuk produk-produk G Suite. Berikut adalah hasil rekap Google untuk G Suite di tahun 2019 yang sudah masuk ke masa semester dua ini.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Menulis di Gmail jadi lebih cepat

Untuk merayakan ulang tahun Gmail yang ke-15, G Suite memberikan pembaruan pada layanan surat elektronik ini yang memungkinkan penggunanya untuk menulis email dengan lebih cepat menggunakan bantuan dari teknologi machine learning. Selain itu pengguna Gmail kini juga bisa mengirimkan email yang terjadwal kepada para kolega yang sebelumnya fitur ini hanya bisa digunakan menggunakan bantuan aplikasi third party. Penggunaan Gmail juga didesain lebih dinamis di mana pengguna bisa melakukan lebih banyak hal hanya dari kotak masuknya saja, misalnya menyelesaikan komentar di Google Docs. Kemudian Gmail versi mobile juga mendapatkan tampilan antar muka yang lebih segar. 

Google juga mengingatkan pengguna Gmail bahwa pengguna bisa membatalkan pengiriman email yang tidak sengaja terkirim ke orang yang salah. Setelah Anda mengirimkan email menggunakan Gmail, pada bagian bawah layar akan ada opsi untuk “Undo” pesan yang baru saja dikirimkan. Opsi ini akan muncul selama 30 detik selama Anda tidak meninggalkan jendela Gmail.

Produk G Suite yang lebih intelijen

Dengan berbagai macam produk teknologi yang akhir-akhir ini melakukan kolaborasi satu sama lain untuk menghadirkan produk yang bisa lebih berguna bagi pengguna, Google punya ide sendiri mengenai arti dari “kolaborasi”. Menurut mereka kolaborasi bisa juga dimaknai dengan mudahnya penggunaan tools bagi pengguna, oleh karena itu produk kolaborasi G Suite pun mendapat beberapa peningkatan dalam hal kecerdasannya. Misalnya tools yang bisa memberikan rekomendasi tata bahasa ketika menulis dokumen di Docs. Selain itu Google juga memberikan kemudahan pada pengguna untuk menuliskan komentar di dokumen-dokumen berbasis Microsoft, dan meningkatkan fitur integrasi dengan Dropbox. 

Dalam konteks memudahkan pengguna untuk bisa bekerja menggunakan produk-produk G Suite, Google juga mengingatkan bahwa Anda bisa menggunakan keyboard shortcuts untuk menuliskan komentar dengan cepat ketika pengguna bekerja menggunakan Google Sheets. Tinggal ketik Ctrl + Alt + M. 

tags: