Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

FITUR Baru Firefox Versi 64 Untuk Bisa Membuka Sejumlah Tab

Tuesday, February 19th 2019. | Artikel
Firefox Versi 64

Firefox Versi 64

Firefox terus mengembangkan versi terbaru, agar bisa semakin handal, menyediakan banyak fitur canggih, dan fungsional. Pada versi Firefox 64 inipun pengguna bisa memanfaatkan fitur baru. Dengan fitur anyar ini, maka Anda bisa membuka beberapa tab berbarengan. Seperti apa mekanisme fitur baru Firefox tersebut?

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Fitur Tab Management dan Task Manager

Browser besutan Mozilla ini memang menyertakan beberapa fitur baru untuk versi terkininya yakni Firefox 64. Pada sebagian pembaharuan yang dijelaskan di Changelog (Website resmi Mozilla), terdapat sejumlah fitur memikat dan fungsional pada pengembangannya tersebut. Fitur itu adalah CFR atau Contextual Feature Recomender dan Tab Management.

Fitur Tab Management bisa dimanfaatkan bila Anda ingin mengelola tab secara gampang, lebih tersusun dan lebih efisien. Supaya bisa menjalankan fitur tersebut, maka Anda bisa menekan tombol Ctrl atau Shift beberapa saat sambil melakukan klik pada tab manapun yang diinginkan.

Selanjutnya tab yang dikumpulkan melalui aktivitas klik itu, seterusnya dapat digeser, lalu disatukan dan dijadikan bookmark. Bisa juga dibungkam atau di-mute secara berbarengan. Masih berhubungan dengan fitur tab tersebut, pada Firefox versi 64 juga menghadirkan fitur berupa Task Manager.

Anda bisa menemukan fitur tersebut dengan mengakses menu About, lalu Performance. Fitur ini juga bisa dijumpai dengan mengakses opsi Other yang terdapat di menu utama. Fitur Task Manager ini juga dapat menampilkan tab apa saja, yang dianggap terbanyak dalam menggunakan energi.

Fitur Contextual Feature Recomender

Contextual Feature Recommended atau CFR merupakan fitur yang sangat cerdas. Fungsinya untuk memberikan rekomendasi untuk alat pelengkap browser atau add on. Rekomendasi itu berdasarkan pada aktivitas telusuran dari penggunanya di peramban Firefox.

Sebagai contoh kalau Anda seringkali mengakses website yang sama, berdasarkan hal itu Firefox memberikan rekomendasi add on berupa Pinned Tabs. Termasuk memberikan cara atau panduan untuk memakainya. Pinned Tabs diaplikasikan guna melekatkan tab tertentu pada posisi awal dari deretan tabnya. Supaya tidak terjadi saling tumpang tindih dengan beberapa tab lain.

Terutama saat Anda mengakses banyak website secara bersamaan. Tidak hanya Pinned Tabs saja, fitur CFR anyar juga didukung oleh tiga add on. Seperti To Google Translate, Enhancer for YouTube dan facebook Container.

Agar bisa menggunakan CFR, Anda bisa menelusuri internet melalui browser pada mode reguler. Jadi tidak menggunakan mode berupa Private Browsing. Tujuannya supaya Firefox Dapat melakukan deteksi akurat terkait perilaku browsing. Pihak Mozilla menjamin tidak akan terjadi pencurian data pemakai secara terselubung atau diam-diam. Oleh karena semua proses dari CFR sudah disimpan di komputer pemakainya.

Hebat, bukan? Sayangnya fitur ini baru bisa dinikmati pengguna di kawasan Amerika Serikat Saja. Jadi bagi kita yang berada di Indonesia harap bersabar untuk menanti kebijakan baru terkait wilayah yang bisa menggunakannya.

tags: , , ,