Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Alasan Mengapa SSL dan HTTPS Sangat Penting untuk Website Anda

Wednesday, January 16th 2019. | Artikel
HTTPS

HTTPS

Sejak Juli 2018 lalu, Google mulai menandai semua situs yang tak bersertifikat SSL sebagai situs tak aman. Lalu, apa pengaruhnya terhadap ranking situs Anda?

Alasan Mengapa SSL dan HTTPS Penting Bagi Website

Google menjadikan HTTPS sebagai standar untuk semua website dengan tujuan lebih banyak website yang aman di hasil pencarian. Adanya penanda pada situs yang tak bersertifikat SSL, memudahkan pengguna internet untuk mengetahui apakah informasi pribadi mereka aman atau tidak ketika browsing di internet. HTTPS menandakan bahwa suatu situs melindungi data pengunjungnya dan memastikan pengguna website terhubung dengan sumber informasi yang valid. Tanpa adanya HTTPS, reputasi suatu situs bisa dipertanyakan keaslian dan keamanannya.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Bagaimana SSL Bekerja?

SSL atau Secure Socket Layer merupakan protokol keamanan yang melakukan enkripsi komunikasi atau pertukaran data antara browser internet dengan server web. Jika website Anda tak memiliki SSL, maka komunikasi data yang terjamin keamanannya tak bisa diciptakan. Itu artinya, apapun informasi yang dikirimkan tak terlindungi oleh kryptografi. SSL mulai diaktifkan ketika pengunjung membuka situs yang aman. Kemudian situs tersebut mengirimkan sertifikat SSL ke browser pengunjung dengan kunci enkripsi yang diperlukan untuk memulai sesi pertukaran informasi yang lebih aman antara situs dan browser.

Ketika situs yang Anda kunjungi sudah aman dan memiliki sertifikasi SSL, maka HTTPS akan muncul di URL website menggantikan HTTP. HTTPS merupakan versi aman dari HTTP yang memungkinkan pertukaran informasi antara website dengan browser terenkripsi dengan baik. Hal ini membuat potensi data pengunjung dicuri semakin kecil.

Beralih ke HTTPS Kini Menjadi Kewajiban

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu beralih ke HTTPS. Alasan yang pertama adalah otentifikasi. Adanya otentifikasi membuat pemilik situs bisa memverifikasi kepemilikan situs tersebut.

Percaya atau tidak, ada banyak orang iseng di luar sana yang membuat website replika dengan tujuan mencuri traffic pengunjung dari situs yang resmi. Adanya HTTPS di URL website membuat pengunjung merasa aman untuk berbagi informasi pribadi ke dalam website. Jadi, pastikan ketika mengunjungi website Anda melihat adanya ikon kunci berwarna hijau di URL website.

Alasan kedua yakni integritas data atau keamanan data. HTTPS membantu mengamankan data yang dikirimkan dari server ke browser klien. HTTPS akan memastikan bahwa informasi atau data yang dikirimkan masih utuh belum terkorupsi dan mengurangi potensi serangan hacker.

Alasan ketiga penggunaan HTTPS dan SSL adalah kedua fitur ini dipakai oleh Google dalam menentukan ranking di hasil mesin pencarian. Jika Anda memiliki bisnis, maka HTTPS dan SSL bisa membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih bagus daripada situs yang tidak menerapkan SSL maupun HTTPS. Tak hanya peringkat di hasil mesin pencarian, kredibilitas Anda juga bisa terpengaruh bila tak menerapkan HTTPS dan SSL.

tags: ,