4 Hal yang Diprediksi Bakal Jadi Tren Desain Web di 2019

Tuesday, January 15th 2019. | Artikel
Tren Desain Web 2019

Tren Desain Web 2019

Mengikuti tren website merupakan salah satu cara agar bisa sukses mengelola website. Apa saja tren desain web yang diprediksi bakal populer di 2019?

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Hal yang Diprediksi Bakal Jadi Tren di Dunia Web Desain

Setiap tahunnya selalu ada perubahan dalam dunia desain website, mulai dari tampilan visual, pemaruan algoritma maupun pembaruan platform CMS. Website yang terlihat modern dan menarik saat ini bisa terlihat kuno dan membosankan beberapa bulan mendatang. Itu sebabnya Anda harus mengetahui perkembangan dunia desain website agar bisa membuat website yang bisa eksis hingga bertahun-tahun mendatang. Beberapa hal yang diprediksi bakal jadi tren di 2019 diantaranya berikut ini.

Desain yang Tipis (Flat Design)

Flat design bukan berarti desain web dikurangi kualitasnya menjadi dua dimensi, melainkan lebih menitikberatkan pada fungsionalitas dan desain yang minimalis.  Sejak dua tahun lalu, para desainer dan developer mulai menciptakan website yang simple demi meningkatkan performanya ketika dijalankan di smartphone. Namun, semenjak pengguna smarpthone kian meningkat, kinerja website semakin berat. Permasalahan website yang lambat ketika loading atau terasa berat ketika mengunggah gambar membuat para pengguna mobile frustasi.

Desain website yang minimalis dianggap lebih baik karena loadingnya lebih cepat baik pada perangkat mobile maupun PC. Desain website minimalis juga memiliki nilai SEO tinggi sehingga bagus untuk marketing. Popularitas desain website flat seperti ini semakin meningkat karena dianggap bisa mengimbangi kecepatan mesin pencarian.

Website Super Cepat

Anda hanya memiliki waktu sekitar 3 detik saja untuk membuat para pengunjung website tertarik dan terkesan dengan konten website. Jika loading halaman website melebihi waktu tersebut, bisa dipastikan pengunjung website langsung beralih ke website lain karena tak suka menunggu terlalu lama. Apalagi mulai tahun 2018 ini Google mulai memprioritaskan ranking bagi website yang bisa loading lebih cepat. Itu sebabnya desainer website kini mulai berfokus pada kecepatan loading halaman website bukan hanya tampilan website saja.

Website yang Mudah Dibuka di Mobile

Kini Google lebih mendahulukan website yang mobile friendly daripada website yang tidak mobile friendly. Hal ini disebabkan karena tingkat pencarian informasi menggunakan perangkat mobile naik secara signifikan dalam 4 tahun terakhir. Popularitas website mobile friendly yang melebihi website desktop membuat para programer dan desainer harus mengubah langkah pembuatan website dari awal. Bila dahulu pengembangan website dimulai dari website untuk desktop dan laptop terlebih dahulu, baru kemudian untuk mobile. Kini, website dibuat dengan prioritas untuk perangkat mobile terlebih dahulu, baru untuk desktop dan laptop.

Layout Asimetris

Tren desain website di tahun 2019 diprediksi akan didominasi oleh desain layout asimetris. Desain layout asimetris ini melengkapi desain website minimalis. Desain website ini lebih banyak menggunakan layer dengan berbagai warna dan tekstur, pengulangan pola yang tak beraturan serta penempatan gambar maupun teks yang tak biasa. Dengan menggunakan layout asimetris, diharapkan desain tetap bisa menarik perhatian dan memiliki kecepatan loading yang tinggi.

 

tags: , ,