Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

3 Hal Baru Dari Google Yang Muncul Di I/O 2019

Thursday, May 30th 2019. | Artikel
Google I/O 2019

Google I/O 2019

Acara terbesar tahunan Google I/O 2019 berhasil digelar minggu lalu selama tiga hari yaitu mulai dari tanggal 7 Mei hingga 9 Mei di Shoreline Amphitheatre di California, Amerika Serikat. Pengunjung yang datang adalah para tamu undangan yang dipilih oleh Google dari partisipan-partisipan yang mendaftar sebelumnya, sementara yang tidak mendapatkan undangan masih bisa menonton acara secara langsung melalui layanan live streaming. Isi acara Google I/O 2019 selama berbulan-bulan sebelumnya sudah banyak diantisipasi berbagai macam pihak karena biasanya acara ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk dan layanan paling baru dari perusahaan teknologi global ini. Berikut adalah 3 hal paling berkesan yang diumumkan di Google I/O 2019.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Model perangkat Pixel baru dengan harga menengah

Untuk pertama kalinya setelah seri Nexus dihentikan produksinya pada tahun 2016, Google memperkenalkan perangkat dengan harga yang berada di kelas menengah ke bawah. Perangkat tersebut adalah Pixel 3a dan Pixel 3a XL yang memiliki spesifikasi mirip dengan perangkat flagship Pixel yang lainnya. Pixel 3a dan 3a XL dikatakan memiliki kemampuan kamera utama yang bagus, namun dengan spesifikasi mesin yang lebih murah dibandingkan dengan perangkat ponsel Google yang lebih mahal harganya. Selain memiliki spesifikasi yang tidak jauh beda dengan versi flagship, Google juga berjanji akan memberikan pembaharuan perangkat lunak secara teratur dan kamera berkualitas tinggi yang bisa menggoda para pengguna iPhone Xr dan Samsung Galaxy 10e pindah ke Pixel.

Fitur-fitur baru yang ada di Android Q

Android Q adalah sistem operasi paling baru dari Google untuk perangkat Android yang pertama kali diluncurkan versi betanya pada bulan Maret lalu. Versi beta dari Q bisa diunduh dan digunakan oleh para pengguna Pixel kemudian para pengguna bisa memberikan masukan dan kritiknya mengenai sistem operasi paling baru ini kepada Google. Sebelumnya fitur-fitur yang dirilis adalah fitur yang lebih ditujukan bagi para developers, namun pada acara I/O minggu lalu akhirnya fitur yang bisa dipahami pengguna Android pun dibocorkan, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Sistem dengan tampilan Dark Theme

  2. Fitur aksesibilitas yang bisa secara otomatis memberikan caption pada video, podcast, dan juga pesan-pesan suara yang ditujukan untuk pengguna dengan cacat pada pendengaran.

  3. Sistem navigasi berbasis gestur sebagai pengganti tombol back

  4. Sistem keamanan yang lebih baik serta parental control yang lebih terawasi

Kontrol privasi yang jauh lebih baik

Seakan meyakinkan bahwa data pengguna perangkat Google aman terkait dengan banyaknya laporan mengenai pelanggaran privasi data pengguna yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi, Google memperkenalkan kontrol baru untuk Android Q. Nantinya pengguna bisa mengakses akun di Search, Maps, dan juga Assistant hanya dengan satu kali ketuk sehingga manajemen akun bisa dilakukan dengan lebih mudah. Google juga memberikan incognito mode di Maps dan Search.

tags: , ,