Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

WordPress 5.1 Sudah Rilis! Ada Apa Saja Yang Baru?

Friday, March 8th 2019. | Artikel
Wordpress 5.1

WordPress 5.1

Bagi Anda para pengguna WordPress, sudah coba versi terbaru dari CMS paling tokcer di dunia ini? Kalau Anda ketinggalan beritanya, belum lama ini pada akhir bulan Februari lalu WordPress meluncurkan versi terbaru untuk para penggunanya dengan versi 5.1 yang diberi nama kode “Betty”. Update versi paling baru ini merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya yaitu 5.1 yang memiliki nama kode “Bebo”. Bebo diluncurkan  pada awal bulan Desember 2018 lalu dan memiliki berbagai macam perbaikan dan pembaharuan. Yang paling menonjol adalah adanya perubahan pada proses editing di mana WP memperkenalkan block-based editor yang memudahkan para penggunanya untuk mengatur tampilan situs. Jadi apa saja yang baru dengan si Betty ini?

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Site Health

Untuk pertama kalinya WordPress mengenalkan fitur Site Health untuk versi 5.1, tujuannya adalah untuk menambahkan keamanan dan juga kecepatan akses situs. Fitur ini bekerja dengan memberikan pemberitahuan kepada  para admin jika ada situs yang menggunakan PHP dengan versi yang sudah jadul di mana PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan sebagai mesin dari WordPress. Ketika Anda melakukan instalasi plugin yang baru maka secara otomatis Site Health akan memeriksanya untuk Anda apakah kompatibel dengan versi PHP yang situs Anda gunakan. Jika ternyata plug in tersebut membutuhkan versi PHP yang tidak kompatibel dengan situs Anda maka WordPress akan mencegah Anda untuk install plugin tersebut.

Performa editor yang lebih baik

Pembaruan yang kedua adalah perbaikan pada editor baru yang mulai digunakan pada versi 5.0. Bahkan untuk versi-versi ke depannya (yang mana WordPress sudah mulai mengerjakan update yang paling baru), editor berbasis blok ini akan menjadi salah satu fitur yang terus ditingkatkan performanya. Untuk versi 5.1 ini WordPress mengklaim bahwa performa editor meningkatkan secara signifikan di mana pengguna bisa menggunakan fitur ini dengan kecepatan yang lebih tinggi, dan rasa saat mengetik yang lebih mulus.

Kemudahan untuk developer

Selain untuk pengguna, developer  juga diberikan beberapa macam perbaikan fitur untuk meningkatkan performa dan perbaikan-perbaikan lainnya. Beberapa fitur yang mendapatkan perbaikan dari WordPress 5.1 untuk developer adalah Multiside Metadata, Cron API, opsi JavaScript yang lebih baru, dan masih banyak lagi perbaruan lainnya dari Betty untuk developer.

WordPress 5.1 sudah bisa Anda unduh dan instal melalui dashboard masing-masing. Atau bagi Anda yang ingin menunggu pembaruan selanjutnya pun nampaknya tidak akan menunggu terlalu lama karena saat ini tim WP juga sudah mulai menggarap update paling baru untuk versi 5 ini yang meliputi fitur-fitur yang ada pada Site Health, kecocokan antara plugin dengan PHP yang digunakan situs Anda, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk fitur baru 5.1 yang lebih lengkap Anda bisa melihatnya di halaman Field Guide ini.

tags: , , ,