WordPress 5.0 Bebo, Usung Desain Unik dan Tema Baru

Monday, February 11th 2019. | Artikel
Wordpress 5.0 Bebo

WordPress 5.0 Bebo

Platform website dan blog WordPress telah meluncurkan WordPress 5.0 secara resmi sebagai versi terbarunya. WordPress versi 5.0 hadir dengan mengusung fitur-fitur tambahan yang diketahui dapat memudahkan pengguna untuk menyunting konten-konten mereka. WordPress versi 5.0 yang hadir dengan julukan Bebo ini hadir dengan beberapa fitur baru, salah satunya adalah Blocks.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Fitur Blocks atau Gutenberg

Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna mengatur tampilan di web atau blog miliknya dengan kotak – kotak di mana kotak  tersebut dapat disusun sedemikian rupa. Selain itu, blocks ini juga dapat memuat beberapa konten seperti suara, gambar, artikel, atau kutipan. Dengan fitur tersebut,  layout website atau blog dapat dimodifikasi dengan mudah karena hanya perlu memindahkan kotak – kotak yang ada sesuai dengan tempat yang diinginkan.

Fitur tampilan Blocks serba kotak ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan menu Tiles yang terdapat di sistem operasi Windows 10 dan Windows 8. Cara pengoperasian fitur ini juga cukup identik yaitu pengguna hanya perlu menggesernya ke titik tertentu. Yang membedakan Blocks pada WordPress dengan fitur pada OS Windows adalah WordPress menyediakan konten yang beragam. Sementara itu tiles pada Windows 10 hanya berisi aplikasi.

Tujuan utama WordPress menghadirkan fitur Blocks adalah untuk memudahkan pengguna agar dapat menyunting laman web secara lebih efisien. Walaupun demikian, para pengguna yang kurang tertarik untuk menggunakan fitur Blocks ini dapat berpindah ke editor klasik. Saat ini WordPress sudah mempunyai plugin khusus untuk laman editor klasik yang akan didukung sampai tahun 2021.

Tema Twenty Nineteen Hadirkan Wajah Baru

WordPress 5.0 hadir dengan tema standar baru. Sebelumnya WordPress selalu menggunakan tema Twenty Seventeen sebagai tema default. Pada  versi 5.0, WordPress hadir dengan tema Twenty Nineteen. Tema ini sengaja dibuat sedemikian rupa untuk mengoptimalkan fitur blocks. Tema tersebut dibuat khusus dengan menampilkan layout berbentuk kotak – kotak yang posisinya dapat diatur secara fleksibel. Jika Anda tertarik untuk mencoba WordPress versi 5.0, Anda dapat mengunduhnya melalui situs WordPress.org/download. Jangan khawatir, sistem managemen konten tersebut dapat diunduh secara cuma-cuma atau gratis

Melakukan update WordPress ke versi baru merupakan langkah yang penting untuk pemeliharaan web dan membantu menjaga keamanan web. WordPress versi terbaru selalu hadir dengan perbaikan dan bug yang lebih sedikit, termasuk WordPress 5.0. WordPress terbaru ini memungkinkan web loading lebih cepat karena adanya fitur – fitur baru dan hilangnya bug.

Bagi sebagian pengguna, adanya fitur Blocks atau Gutenberg editor ini mungkin belum terlalu familiar. Tetapi nantinya Gutenberg editor akan menjadi editor default untuk WordPress di masa depan. Untuk itu, pengguna sebaiknya perlu membiasakan diri menggunakan plugin WordPress terbaru ini.

tags: , , ,