Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Windows 10 Merilis Ekstensi Keamanan Edge Untuk Chrome Dan Firefox

Thursday, March 28th 2019. | Artikel
Windows Defender Application Guard

Windows Defender Application Guard

Akhir pekan lalu Windows 10 merilis sebuah ekstensi untuk browser Chrome dan Firefox yang digunakan pada builds untuk Windows Insider sekarang ini. Meski begitu semua pengguna Windows 10 akan bisa menggunakan ekstensi ini pada rilisan Windows 10 yaitu 19H1 yang dijadwalkan akan rilis pada musim semi tahun ini. Ekstensi ini merupakan bagian dari teknologi Windows Defender Application Guard yang merupakan fitur keamanan baru dari Windows yang tadinya hanya tersedia bagi pengguna Edge.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Ekstensi Windows Defender Application Guide akan memberikan perlindungan bagi pengguna Chrome dan Firefox dengan cara yang sama Microsoft melindungi pengguna Edge. Ekstensi ini akan secara otomatis mengarahkan navigasi yang beresiko ke sistem Windows Defender Application Guard untuk Microsoft Edge. Ekstensi ini bergantung pada aplikasi native yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mendukung komunikasi antara browser dengan pengaturan Application Guard pada perangkat. Ketika pengguna masuk ke dalam sebuah situs, ekstensi akan mengecek URL apakah masuk ke dalam daftar situs-situs yang didefinisikan aman oleh para admin. Jika ternyata situs tersebut dinyatakan tidak aman maka pengguna akan diarahkan secara otomatis untuk masuk ke sesi Edge yang tertutup.

Pada sesi yang tertutup ini pengguna bisa dengan bebas menjelajahi situs yang belum secara eksplisit dinyatakan aman tanpa resiko memengaruhi sistem yang lainnya. Dengan demikian ketika pengguna mengakses situs yang beresiko, tidak akan membahayakan data pengguna maupun ada penanaman malware yang berbahaya tanpa sepengetahuan pengguna.  Nantinya jika pengguna ingin masuk ke situs yang aman meski masih berada di sesi yang tertutup maka secara otomatis pengguna akan diarahkan untuk kembali ke default browser. Cara kerja ini memang terdengar merepotkan karena pengguna akan “dipaksa” untuk keluar dari browser yang sedang digunakan jika ada indikasi situs tidak aman, namun solusi ini bisa memberikan pengalaman yang lebih aman tanpa membatasi akses pengguna masuk ke situs yang diinginkan.

Untuk menunjukkan proses dan sistem yang transparan kepada pengguna, Microsoft ingin memastikan pengguna Window Defender Application Guide sadar betul mengenai apa yang dilakukan ekstensi ini pada browser yang digunakan. Ketika pengguna membuka Chrome atau Firefox setelah menginstall ekstensi maka pengguna akan diarahkan untuk masuk terlebih dahulu ke landing page dari Windows Defender Application Guide. Dalam halaman tersebut sistem akan mengecek apakah ekstensi sudah dikonfigurasi dengan benar. Jika ada kesalahan pengguna akan mendapatkan instruksi bagaimana memperbaiki konfigurasi yang bermasalah.

Tidak harus menunggu ketika pengguna membuka halaman sebuah situs, pengguna bisa melakukan pengecekan URL secara mandiri  dengan cara mengklik ikon ekstensi pada menu bar di bagian atas browser. Dengan demikian pengguna bisa tahu mana yang aman untuk dibuka di default browser  mana yang harus dibuka pada sesi tertutup menggunakan Edge sehingga tidak harus bolak balik dari satu browser ke browser yang lain.

tags: , , ,