Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Versi Baru Mozilla Firefox 67 Sudah Bisa Diunduh Untuk Windows, Linux, Dan Mac

Thursday, June 27th 2019. | Artikel
Mozilla Firefox 67

Mozilla Firefox 67

 

Persaingan dan dominasi Google Chrome selama sepuluh tahun terakhir tidak membuat Mozilla Firefox mati dan mengundurkan diri, malahan sejak diluncurkannya Firefox Quantum pada tahun 2017 lalu, Mozilla nampaknya makin serius untuk membangun Firefox menjadi browser yang lebih cepat, lebih aman, dan meningkatkan performa browser secara keseluruhan. Hal ini nampak pada rilisan baru Firefox 67 yang diklaim merupakan browser yang paling cepat yang pernah dirilis Mozilla sebelumnya. Tidak hanya performa, Mozilla juga mengubah penampilan, dan juga elemen UX lainnya yang menjadikan Firefox adalah sesuatu yang lebih dari sekedar browser.

Kecepatan jadi fokus utama untuk Firefox 67

Untuk memastikan Firefox 67 memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya, prioritas yang dilakukan Mozilla ada pada daftar manajemennya dan memastikan bahwa adanya perubahan darurat yang dilakukan untuk memastikan browser memiliki performa yang maksimal akan dieksekusi terlebih dahulu. Developer Mozilla juga memastikan situs-situs yang paling sering dikunjungi akan memiliki kecepatan akses yang 40-80% lebih cepat dari sebelumnya. Situs-situs yang dimaksud misalnya seperti Amazon, pencarian Google, dan juga Instagram.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Untuk menghindari browser yang menggunakan terlalu banyak daya RAM, Firefox 67 sekarang bisa mendeteksi jika komputer yang Anda gunakan memiliki kapasitas RAM yang rendah kemudian ia akan secara otomatis mensuspen tags yang tidak digunakan. Optimasi selanjutnya berhubungan dengan menjaga performa browser tetap optimal bahkan ketika Anda melakukan customization misalnya dengan menggunakan ekstensi ini itu yang biasanya akan memengaruhi kinerja browser.

Tambahan pengamanan pada Firefox 67

Versi Firefox sebelumnya sudah memiliki fitur keamanan yang cukup baik dan performa keamanan ini dilanjutkan hingga ke Firefox 67 melalui berbagai macam tes yang dilakukan pada kanal beta. Pengguna bisa mengaktifkan ad blockers dan juga trackers langsung dari pengaturan browser namun harap diperhatikan bisa jadi ada fitur-fitur atau fungsi pada situs-situs tertentu yang akan terpengaruh bahkan tidak bisa diakses apabila Anda mengaktifkan pemblokir tersebut. Tapi yang jelas, pendekatan langsung untuk melindungi privasi dari pengguna ini bisa melindungi Anda dari praktek fingerprinting dan cryptomining yang belakangan cukup marak terjadi.

Fitur keamanan tambahan pada Firefox 67 adalah kini pengguna bisa menyimpan kata kunci ketika mengakses internet menggunakan mode Private Browsing. Pengguna juga bisa memilih untuk mengaktifkan atau mematikan ekstensi yang dipasang di browser ketika berselancar ketika menggunakan Private Browsing . Meski begitu Anda harus berhati-hati ketika mengaktifkan ekstensi di browser Anda karena ekstensi tersebut akan memiliki akses untuk melihat kegiatan apa saja yang Anda lakukan di internet. Karena itu hanya pilih ekstensi yang benar-benar dipercaya, dan sebaiknya tidak terlalu memprioritaskan ekstensi yang gratis.

 

tags: ,