Perkenalkan Gutenberg, Tools Editor Teranyar di WordPress 5.0!

Friday, December 7th 2018. | Artikel
wordpress 5

wordpress 5

Anda yang rutin mengikuti perkembangan platform web mungkin sudah mengetahui kabar peluncuran WordPress versi 5.0. Berbagai fitur teranyar nan canggih diperkenalkan melalui versi tersebut untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Salah satu fitur yang paling diandalkan dari WordPress versi 5.0 adalah Gutenberg.

Mengatur konten di WordPress 5.0 dengan Gutenberg

Secara garis besar, Gutemberg merupakan tools editor paling baru yang dirilis bersama WordPress 5.0. Namanya disitat dari Johannes Gutenberg, penemu dari mesin cetak. Penemuannya dianggap penting karena akan membawa revolusi dalam dunia penulisnya, terutama untuk WordPress. Dengan Gutenberg, WordPress berharap akan ada perubahan besar di bagian editor.

Gutenberg dirancang untuk menambahkan konten yang lebih bervariasi ke situs WordPress yang Anda kelola. Dibandingkan versi pendahulunya, tools editor ini akan memudahkan Anda saat hendak berkreasi dengan konten-konten yang sedang disusun. Sejumlah keunggulan lain yang ditawarkan Gutenberg meliputi:

  1. Dikembangkan dalam bentuk plugin

Sebelum diluncurkan secara resmi, Gutenberg sudah dikembangkan dalam bentuk plugin. Meskipun pemasangannya sudah dilakukan ribuan kali, peringkat bintangnya masih terbilang rendah. Namun, Anda tak perlu cemas karena hal tersebut disebabkan Gutenberg yang digunakan masih dalam versi pratinjau. Sementara yang nantinya Anda dapatkan di WordPress 5.0 adalah versi utuh.

  1. Memudahkan pengaturan konten blok

Seperti yang telah disinggung, Gutenberg memudahkan Anda dalam pengaturan konten, khususnya saat menambahkan dan menyematkan konten blok. Tujuan dari fungsi ini adalah menyederhanakan proses penyesuaian website maupun blog yang sedang dikelola. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan saat menyematkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Soundcloud, Reddit, dan lain sebagainya.

  1. Dilengkapi fungsi Drag-and-Drop

Sejumlah pengembang website umumya melewati proses yang amat intuitif. Dengan bantuan Gutenberg, Anda tidak perlu memakai widget, shortcode, maupun HTML tertentu untuk menyesuaikan situs. Bahkan Gutenberg menyediakan fungsi Drag-and-Drop yang akan membantu Anda menambahkan konten hanya dengan menggeser dan menempelkannya; hampirmirip dengan post editor milik Medium.

Mengapa Anda harus segera berlalih ke Gutenberg?

Keberadaan tools editor Gutenberg dianggap sebagai perubahan besar pada WordPress 5.0. Sejauh ini, versi terbaru WordPress memang terfokus pada penambahan fitur-fitur yang membuat penulisan maupun penayangan konten jauh lebih sederhana dan cepat. Hal ini tak terlepas dari kebutuhan di dunia digital yang serbainstan dan mengandalkan kecepatan tinggi. Tak hanya itu, Gutenberg juga akan mengurangi kemungkinan instalasi aplikasi atau plugin dari pihak ketiga (third-party).

Di sisi lain, Gutenberg yang dihadirkan pada WordPress 5.0 masih dalam tahap pengembangan. Tools editor ini akan terus mengalami peningkatan, penambahan, maupun pengurangan fitur; menyesuaikan kebutuhan para pengguna. Dengan begitu, Anda akan lebih maksimal saat memakai fasilitas WordPress.