Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Perkembangan Blockchain Yang Semakin Banyak Diminati

Tuesday, February 26th 2019. | Artikel
Blockchain

Blockchain

Blockchain adalah salah satu istilah yang berkaitan dengan metode penyimpanan secara kolektif. Hal ini sebelumnya sudah dipergunakan sebagai salah satu metode untuk penggunaan bitcoin di mana untuk dapat mendukung proses transaksi yang membutuhkan penyimpanan yang lebih besar untuk memproses setiap riwayat transaksi bitcoin, banyak orang yang menjadi penambang bitcoin dimana hal ini dilakukan dengan metode blockchain di mana para penambang tersebut mendedikasikan hardware yang bisa digunakan untuk berpartisipasi untuk mendukung pemrosesan data transaksi yang bukan dilakukan secara terpusat, namun justru dilakukan secara desentralisasi yang semakin meningkatkan keamanan dari setiap transaksi yang terjadi di internet sehingga setiap transaksi akan meninggalkan jejak sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kejahatan dalam transaksi di internet.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Perkembangan Blockchain di Tahun 2019

Metode blockchain sebagai metode penyimpanan data yang dilakukan secara dengan sangat mudah karena membutuhkan partisipasi dari setiap user yang dapat memenuhi persyaratan secara hardware dan juga memiliki pengetahuan untuk menjadi bagian dari sistem penyimpanan yang dilakukan secara kolektif. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan metode blockchain sebagai salah satu bentuk sistem penyimpanan yang dapat didukung oleh setiap user atau pengguna, maka blockchain sendiri diprediksi akan mengalami trend yang cukup positif di tahun 2019. Selain itu masih ada beberapa keuntungan lainnya yang membuat sistem penyimpanan dengan metode ini semakin efektif dan cukup aman dalam beberapa aspek yang tentunya masih membutuhkan pengembangan lagi untuk menyempurnakan metode penyimpanan secara kolektif ini.

Keuntungan Blockchain Untuk Website

Apa yang bisa dilakukan oleh blockchain adalah di mana kebutuhan storage atau penyimpanan tidak harus disediakan oleh satu pihak saja di mana hal ini masih memiliki resiko keamanan yang cukup tinggi. Selain itu salah penggunaan metode ini juga sangat penting karena metode penyimpanan ini tidak menggunakan perantara pihak ketiga seperti bank sebagai penyedia jasa yang bisa melakukan intervensi dalam setiap transaksi, namun apa yang bisa ditawarkan oleh sistem penyimpanan ini adalah metode yang dapat membuat setiap transaksi dapat diverifikasi dengan menggunakan algoritma yang sangat rumit di mana hal ini membuat transaksi yang menggunakan blockchain sebagai bagian dari sistem penyimpanannya menjadi semakin aman.

Potensi Penggunaan Blockchain Dalam Dunia Perbankan

Saat ini penggunaan blockchain masih terlihat memiliki keuntungan yang sangat signifikan terutama dalam bidang perbankan dengan berbagai keuntungan yang disebutkan di atas. Namun saat ini blockchain sendiri belum digunakan secara resmi dalam beberapa perusahaan perbankan secara resmi dan justru masih digunakan oleh bitcoin sebagai salah satu cryptocurrency dan sudah membuktikan efektivitas dari penggunaan metode ini untuk menjamin keamanan setiap pemilik bitcoin sampai saat ini. Selanjutnya hanya tinggal menunggu waktu apakah nantinya ditemukan cacat pada metode ini atau bahkan dapat dibuktikan bahwa metode ini menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk meminimalisir adanya celah keamanan dalam transaksi.

tags: , ,