Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

PENTINGNYA Melindungi Data Di Cloud

Monday, January 28th 2019. | Artikel
Melindungi Data Di Cloud

Melindungi Data Di Cloud

Transformasi digital terus bergulir tanpa bisa dicegah. Berbagai data atau informasi sensitif harus terlindungi, agar tidak terjadi penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab. Khususnya bagi informasi penting yang tersimpan di beragam lokasi cloud. Nah, bagaimana cara melindungi data di cloud?

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Upaya Melindungi Data Penting

Inovasi teknologi berkembang sangat pesat, oleh karena itu sangat penting bagi organisasi, perusahaan bahkan perseorangan untuk selalu update dengan perkembangannya. Terutama dalam hal upaya menjaga keamanan informasi penting. Sekaligus tetap fokus untuk memahami, dan menjalankan usaha pencegahan atas resikonya. Dengan begitu, sistem dan pengguna bisa terbebas dari serangan hacker atau peretas.

Evolusi pada bisnis dan teknologi sangat membutuhkan media penyimpanan data penting. Salah satu pilihannya adalah pada sistem cloud. Sayangnya, ancaman akan tindak kejahatan tetap ada. Sehingga ancamannya harus dicegah, agar resiko besar tidak pernah terjadi pada pihak tertentu.

Studi Ponemon pernah mengungkap hal tersebut. Pada riset ilmiah tersebut menyimpulkan kalau biaya rata-rata untuk setiap insiden akibat ancaman hacker bisa mencapai 6,76 juta dollar AS. Biaya itu dibutuhkan untuk setiap
tahunnya. Jadi Direktur APAC ObserveIT, Albert Lee menyarankan pentingnya organisasi mempunyai alat hebat guna mendeteksi serangan hacker. Termasuk juga mencari solusi untuk pencegahannya.

Purpose Built Platform ditawarkan oleh ObserveIT sebagai cara efektif untuk pencegahan atau perlindungan data di cloud. Platform ini memiliki sedikitnya 300 indikator ancaman yang berasal dari internal yang tidak normal terjadi. Indikator itu bisa melakukan identifikasi tindakan user. Khususnya yang tidak sesuai dengan regulasi organisasi.

Sebagai contoh proses transfer data dari server atau komputer yang seharusnya tidak terjadi. Selain itu, bisa berupa pemakaian aplikasi yang dilarang, dan tindakan tidak sah lainnya. Tujuan dari aktivitas itu adalah guna melakukan deteksi, investigasi dan sekaligus menghentikan ancaman risiko dari dalam tersebut. Karena itu, sangat penting menjalankan upaya melindungi data di cloud.

Cegah Penyusup Sebelum Menimbulkan Bahaya Besar

PT Inov Perdana Teknologi (INOV) juga bermitra dengan provider insider threat management (ObserveIT), untuk memberikan solusi terkini dan paling bagus atas ancaman tersebut. Bulan lalu, pihak ObserveIT dan INOV juga
pernah bertemu dalam gelaran Cyber Security Indonesia.

Kedua perusahaan itu fokus mengamati pihak dalam seperti vendor, karyawan dan pengguna lainnya bisa menjadi penyebab terganggunya faktor keamanan terbesar. Khususnya bagi dunia bisnis di Indonesia. Untuk itu, tindakan
pencegahan dan solusi harus diterapkan secara berlapis. Agar tidak mudah bagi pihak manapun untuk meretas data sensitif.

Setiap perusahaan, instansi, organisasi dan sejenisnya pasti memiliki data rahasia yang tidak boleh diketahui atau tersebar ke orang lain. Bila informasi tersebut disalahgunakan, maka bisa berimbas sangat berbahaya bagi
banyak pihak. Oleh karena itu, usaha untuk melindungi data di cloud harus sangat diperhatikan.

tags: ,