Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Mozilla Meluncurkan Firefox Send, Layanan Berbagi Dokumen Yang Gratis Dan Aman

Tuesday, March 26th 2019. | Artikel
Firefox Send

Firefox Send

Hari Selasa (12/03) kemarin Mozilla mengumumkan layanan terbarunya yaitu Firefox Send yang merupakan layanan file-sharing yang bisa digunakan di browser apa saja. Untuk bisa berbagi dokumen dengan pengguna lainnya yang harus Anda lakukan hanyalah masuk ke bagian Send kemudian tarik dokumen yang ingin dibagikan pada kotak yang tersedia. Pengguna yang tidak melakukan registrasi bisa membagikan dokumen hingga 1GB sementara pengguna yang sudah terdaftar bisa membagikan dokumen hingga 2,5 GB. Setelah dokumen diunggah pengguna bisa memilih batas waktu tertentu tautan dokumen bisa diunduh mulai dari 5 menit hingga 7 hari. Selain itu jumlah pengunduhan dokumen juga bisa dibatasi.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Fitur lain yang ada pada Firefox Send antara lain adalah tautan yang bisa dilindungi dengan menggunakan kata kunci. Pengguna yang akan membagikan dokumennya akan mendapatkan URL setelah mengunggah dokumen, kemudian penerima URL bisa mengunduh dokumennya atau menyimpannya ke dalam komputer. Firefox Send bahkan juga bisa digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui ponsel, aplikasi mobile-nya saat ini masih dalam versi beta. Tidak ada syarat khusus bagi penerima URL yang berisi dokumen, tidak dibutuhkan akun Firefox, dan bisa saling berbagi dokumen dalam kecepatan yang tinggi seperti mengirim surel.

Aplikasi file-sharing tentu bukan hal yang asing karena sebelumnya sudah dikenal beberapa layanan serupa seperti misalnya Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, dan layanan sejenis lainnya. Namun yang membedakan Firefox Send dibandingkan dengan layanan yang lain adalah aplikasi ini menawarkan akses yang terbatas bagi si penerima dokumen dan bukannya menyimpannya di cloud secara permanen. Nick Nguyen, wakil presiden strategi produk untuk Mozilla mengkritik penggunaan layanan file-sharing yang ada saat ini lebih fokus pada tujuan komersial di mana mereka mendapatkan uang dari pengguna yang ingin memiliki tempat penyimpanan yang lebih permanen.

Nguyen pun mengakui bahwa memang ada layanan yang memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Firefox Send namun Send dianggapnya tetap unggul dalam hal menjaga privasi  dan keamanan pengguna. Menurutnya semua dokumen yang dibagikan melalui Send akan memiliki proteksi yang sama dengan yang diberikan pada semua aplikasi dan layanan yang lain dari Firefox. Hal inilah yang menjadikan Send dianggap bisa menarik lebih banyak pengguna karena kini makin banyak pengguna layanan internet yang makin sadar dengan isu keamanan saling berbagi data di internet.

Firefox Send dinilai menargetkan para pengguna yang tidak begitu mempercayai layanan yang disediakan oleh perusahaan yang lebih besar terutama karena banyaknya isu keamanan yang beredar. Selain itu Send juga memberikan alternatif untuk saling berbagi dokumen dalam ukuran yang tidak besar dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan layanan lain yang lebih fokus dalam hal pengiriman dokumen dengan ukuran lebih besar.

tags: , ,