Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Microsoft Luncurkan AV1 Video Codec Untuk Windows 10, Chrome, dan Firefox

Wednesday, December 12th 2018. | Artikel

av1Beberapa waktu lalu, Microsoft telah merilis aplikasi AV1 Video Codec untuk OS Windows 10. Kini aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di Microsoft Store. Ekstensi aplikasi AV1 Video Codec ini bisa didapatkan di seluruh perangkat Windows 10, tak terkecuali di Surface Hub dan PC.

Ekstensi AV1 Video Codec, disarankan diinstall di pembaruan Windows 10 pada Oktober 2018, namun Anda juga bisa menjalankannya di pembaruan April 2018. Kini, Windows 10 pembaruan Oktober 2018 tidak tersedia kembali untuk diunduh, namun Microsoft diharapkan dapat merilisnya kembali di waktu dekat.

Aplikasi ekstensi AV1 Video Codec diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pada video codec yang ada di seluruh perangkat Windows 10, namun dikarenakan masih tahap awal beta, mungkin Anda akan menemukan masalah kecil ketika memutar video AV1. Pihak Microsoft sendiri menjelaskan jika AV1 Video Codec masih menggunakan versi beta awal, sehingga Anda akan merasakan masalah kinerjanya ketika memutar video AV1. Pihak pembuat software sendiri masih melakukan perbaikan demi meningkatkan pengalaman memutar video AV1.

Tentang AV1 Video Codec

AV1 Video Codec dikenal juga dengan nama AOMedia Video 1, yaitu format pengkodean pada video yang didesain untuk sistem transmisi video lewat internet. Aplikasi ekstensi AV1 Video Codec ini menyuguhkan teknik terbaru.

PROMOSI

BELI WEBSITE UNTUK BISNIS DAN INSTANSI: VELOCITY DEVELOPER

Jika menginstal ekstensi AV1 Video Codec yang telah dirilis Microsoft ini, Anda akan bisa menjalankan video lebih banyak lagi pada perangkat Anda. Aplikasi ekstensi tersebut menambah dukungan ke semua video menggunakan pengkodean AV1 dan bisa dijalankan di film dan TV, Microsoft Edge, maupun perangkat Windows 10 lainnya. Codec sekarang tersedia untuk didownload di Microsoft Store.

AV1 Video Codec Kini Bisa Dibuka di Mozilla Firefox dan Google Chrome

Tak hanya di Windows 10, kini browser web seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome segera mendukung AV1 Video Codec. Mozilla dan Chrome merilis dukungan untuk codec video baru dalam versi pengembangan browser dalam waktu dekat.

Google meluncurkan dukungan untuk pengkodean video AV1 di Chrome 69. Sementara Chrome 69 sendiri merupakan versi beta yang akan rilis dan memungkinkan para pengguna tertarik untuk mengunduh dan menjalankannya dengan lebih fungsional. Chrome Beta sendiri bukan versi terkini Chrome, pengguna atau pengembang chrome kini memiliki akses ke pembuat enkode video terbaru.

Dukungan video AV1 yang diterjemahkan tidak diaktifkan secara default pada Chrome 69. Google menyembunyikan fitur eksperimental tersebut di belakang  status flags dan pengguna hanya perlu mengubah status flags tersebut untuk mengaktifkan atau mengubah fungsinya pada browser.

AV1 menjanjikan tingkat kompresi lebih baik dibandingkan H.264, namun encoding lebih lambat secara signifikan. Codec gratis harus bersaing dengan codec yang bersifat non-open codec seperti H.265 dan H.264.