Istilah Yang Harus Dipahami Dalam Cara Membuat Situs Web

Sunday, June 24th 2018. | Artikel

Contoh desain website company profile – www.ibanstory.com

 

Cara membuat situs web dapat dengan cepat dimengerti setelah mengenal beberapa istilah dalam bahasa internet berikut.

Website

Website atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan situs web pada dasarnya merupakan sekumpulan halaman yang berisikan data, teks, gambar, suara, maupun video yang terbangun di dalam ranah dunia maya. Website bisa juga diibaratkan sebagai sebuah ruang tanpa fisik dimana setiap teks dan visual yang ditampilkan mewakili beragam aktifitas yang dilakukan oleh pemilik ruang maya tersebut.

Website memiliki wujud yang beragam, antara lain: blog, toko online, company profile, forum, hingga media sosial berbasis internet. Ya, wujudnya yang beragam membuat website memiliki banyak fungsi sehingga sering dipergunakan sebagai ajang berbagi ilmu, berbagi pendapat, promosi, hingga mengembangkan usaha.

Platform

Cara membuat situs web dari awal akan membutuhkan beberapa pengetahuan seputar bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, MYSQL, JavaScript, dan sebagainya. Bagi mereka yang awam, proses untuk memahami bahasa – bahasa pemrograman ini bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilalui. Selain membutuhkan kesabaran, logika matematika juga harus diterapkan.

Oleh karena itu, hadirlah platform bagi mereka yang ingin memiliki situs web tanpa perlu belajar seluk beluk pemrograman. Platform sendiri merupakan sebuah tempat dimana website dapat dibangun dengan menggunakan beragam template dan fitur yang telah disediakan. Dengan kata lain, tidak perlu lagi repot mencari widget maupun plugin untuk memperlengkap website yang dibangun. Contoh dari platform ini seperti wordpress, joomla, serta drupal.

Domain

Domain dapat diibaratkan sebagai sebuah alamat. Tanpa domain, website tidak akan dapat ditelusuri. Tanpa domain, website juga tidak dapat ditemukan. Nama yang dipergunakan dan dipiliha sebagai domain merupakan kunci dari kepopuleran website itu sendiri. Oleh sebab itu, nama domain harus benar – benar dipikirkan secara matang.

Untuk website yang diperuntukkan sebagai toko online ataupun ruang usaha, maka domain yang dipilih harus benar – benar dapat mewakili dan mempromosikan usaha tersebut. Domain sebaiknya dibuat dengan sederhana namun google friendly, atau istilahnya disukai oleh mesin pencari. Riset mungkin diperlukan untuk menentukan kata kunci yang tepat. Dalam istilah webhosting, ini disebut dengan SEO management dan layanan ini seringkali menjadi incaran dalam menentukan penyelenggara jasa pembuatan website.

Hosting

Apabila domain adalah alamat, maka hosting adalah bangunan dimana alamat itu tertera. Hosting menampung beragam file dan data baik dalam bentuk audio, visual, maupun teks yang ditampilkan dalam website. Bandwidth dan space sebuah hosting menentukan besarnya fila dan data yang dapat disimpan. Hosting juga terhubung dengan sebuah server yang akan mengakomodir seluruh aktifitas penyimpanan dan pengiriman data.

Hosting tersedia dengan beragam kapasitas yang dapat disesuaikan dengan budget dan kepentingan website itu sendiri. Penyedia layanan hosting juga menyediakan dukungan teknis cara membuat situs web untuk manajemen data sekaligus pengorganisasian file.

tags: , , , , , , , , , , ,