Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Incognito Mode Jadi Lebih Aman Di Google Chrome 75

Monday, May 6th 2019. | Artikel
Incognito Mode

Incognito Mode

Update baru Google Chrome 75 dikabarkan akan memberikan fitur keamanan privasi yang lebih terjamin dalam incognito mode. Beberapa waktu yang lalu sempat dilaporkan bahwa meski pengguna melakukan browsing dengan menggunakan incognito mode di Google Chrome, sistem pelacakan aktivitas internet terhadap pengguna masih diterapkan oleh Google. Dilaporkan bahwa  ketika pengguna melakukan pencarian informasi di halaman pencarian Google, hasil yang keluar masih disaring berdasarkan dengan kriteria personalization yang seharusnya secara prinsip tidak ada di incognito mode.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dengan demikian mode yang memiliki fungsi “menyembunyikan” jejak pengguna dari browser  ternyata tidak sesembunyi itu. Untuk mengatasi hal tersebut Google akan memperbaiki bug yang ada pada incognito mode di File System API. Dengan begitu dengan adanya pengumuman dari Google ini maka kecurigaan pengguna Chrome mengenai masih adanya kegiatan memata-matai jejak pengguna dalam berinternet meski menggunakan incognito mode adalah benar adanya.

Di sisi lain selain akan memberikan perbaikan terhadap isu keamanan privasi pengguna, Chrome 75 juga akan dilengkapi dengan pembaruan lainnya. Salah satunya adalah dengan mengurangi waktu loading  pada Chrome mobile dengan menerapkan lazy loading. Lazy loading adalah pola desain dalam pemrograman komputer yang umum digunakan untuk merubah sebuah objek sampai pada titik yang diinginkan. Fungsinya adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam sebuah operasi program jika digunakan dengan benar. Dalam hal ini Google akan menerapkannya untuk menampilkan hanya informasi yang diperlukan saja yang akan ditampilkan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman bisa teroptimasi.

Untuk fitur privasi baru terkait dengan incognito mode, pengguna tidak bisa mendapatkannya secara default. Jika Anda sudah meng-update  versi baru Chrome mobile nantinya silahkan untuk mengunduh Google Canary paling baru terlebih dahulu. Kemudian ketik “chrome://flags”, lalu cari “File System API in incognito” kemudian diaktifkan. Canary merupakan salah satu produk Chrome yang didesain untuk digunakan para developers dan merupakan versi paling tidak stabil di antara 3 produk browser dari Google lainnya. Canary mendapatkan update hampir setiap hari dan bisa diunduh serta dijalankan bersama dengan Chrome versi stabil untuk pengembangan dan pengujian.

Pencarian informasi di internet menggunakan ponsel memiliki porsi sebanyak 50% dari pengguna internet. Selain itu tuntutan untuk mendapatkan keamanan yang lebih baik ketika berinternet menggunakan ponsel makin meningkat dengan naiknya pula resiko dan ancaman phising terhadap para pengguna mobile internet. Tidak hanya bagi pengguna individu saja, serangan cyber juga bisa berdampak buruk bagi pengguna tingkat korporasi dan organisasi, bahkan bagi perusahaan teknologi sekalipun.

Google Chrome versi 75 bisa mulai diunduh versi betanya mulai tanggal 2 Mei. Sedangkan versi stabilnya akan dirilis tanggal 4 Juni mendatang.

tags: , ,