Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Fitur Youtube Terbaru Mirip Fitur di Instagram

Wednesday, February 20th 2019. | Artikel
Fitur Youtube Terbaru Mirip Fitur di Instagram

Fitur Youtube Terbaru Mirip Fitur di Instagram

Youtube akan segera menghadirkan fitur yang mirip dengan Stories di Instagram. Para pengguna nantinya dapat memutar video berikutnya cukup dengan menggeser video. Untuk melihat video selanjutnya cukup geser ke kanan sedangkan untuk melihat video sebelumnya geser ke kiri. Ketika pengguna menggeser video ke depan, saat pengguna meninggalkan video, detik terakhir video sebelumnya akan tersimpan. Dengan demikian, saat pengguna menggeser lagi ke belakang, tontonan yang ditinggalkan sebelumnya dapat dilanjutkan.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Fitur gestur serupa selama ini telah dilakukan oleh pengguna Instagram ketika akan melihat Stories selanjutnya. Fitur Youtube terbaru tersebut rencananya akan diluncurkan minggu ini bagi para pengguna iOS dan berikutnya menyusul untuk para pengguna perangkat Android.

Dengan kehadiran fitur baru tersebut, para pengguna tentu akan lebih mudah saat memainkan video Youtube pada perangkat mobile. Pasalnya sekarang ini hampir 70% pengguna Youtube menonton video melauli perangkat mobile seperti ponsel, laptop, dan tablet.

Sebenarnya Youtube juga pernah menghadirkan gesture serupa bagi para pengguna mobile di tahun 2017. Saat itu, pengguna dapat memundurkan atau memajukan video dengan kelipatan 10 detik. Jika ingin memajukan video 10 detik, pengguna hanya perlu mengetuk dua kali di sisi kanan video. Sedangkan untuk memundurkan video, cukup ketuk dua kali di sisi kiri video.

Dalam 2 tahun terakhir, Youtube memang sering melakukan penyesuaian aplikasi. Belum lama ini Youtube juga telah menghadirkan fitur dark mode atau mode gelap, mengendalikan waktu pemakaian, dan memainkan video secara otomatis di halaman depan.

Fitur gestur untuk mengalihkan ke video selanjutnya ini pernah diujicobakan pada pengguna Android pada awal tahun 2018 silam. Tetapi, Youtube saat ini sepertinya memilih meluncurkan fitur ini untuk pertama kalinya di perangkat iOS.

Youtube sampai saat ini memang terus berusaha memperbarui fitur-fiturnya demi meningkatkan kenyamanan para pengguna. Selama lima tahun terakhir, Youtube juga sudah menghadirkan fitur unduh video. Saat ini Youtube juga mulai merambah fitur rekomendasi unduh video. Fitur Youtube yang baru tersebut memang baru tersedia bagi pengguna Youtube di Malaysia.

Nampaknya upaya ini dilakukan oleh Youtube untuk mengejar ketertinggalannya dari Netflix yang telah memiliki fitur serupa lebih dulu. Walaupun demikian, pengguna di India dan Amerika Serikat justru belum mendapatkan fitur serupa. Kemungkinan besar Youtube baru menguji fitur ini hanya untuk beberapa negara sebelum benar-benar meluncurkannya secara luas.

Kemungkinan fitur Youtube terbaru ini bekerja dengan cara yang mirip dengan fitur rekomendasi Youtube lainnya yakni berdasarkan video yang dilihat atau video yang mungkin disukai oleh pengguna. Sampai saat ini belum diketahui kapan pengujian serupa akan dilakukan untuk pengguna di luar Malaysia. Walaupun demikian, belum ada jaminan bila fitur yang sudah diuji juga akan dirilis secara global.

tags: , ,