Chrome 71 Akan Hadir Dengan Peringatan Subscription Berbayar

Monday, December 3rd 2018. | Artikel
google chrome 7.1

google chrome 7.1

Sebagian besar situs, menggunakan alamat email untuk membangun list dari para pengunjung situs yang masuk ke halaman tertentu. Tetapi, berdasarkan data dari Google Chrome ternyata didapatkan data yang cukup signifikan di mana pengguna Chrome dimintai nomor telepon sebelum bisa mengakses konten halaman, dan mendapatkan tagihan pembayaran dari subscription tersebut. Karena itulah mulai dari Chrome 71 yang akan dirilis pada bulan Desember 2018, Chrome akan menunjukkan pemberitahuan peringatan bagi halaman-halaman yang menggunakan cara subscription ini terhadap pengunjungnya. Pengunjung halaman akan mendapatkan pilihan untuk melanjutkan proses subscription (dan bersedia dimintai pembayaran) atau keluar dari halaman tersebut.

Kriteria situs yang aman untuk subscription berbayar

Dengan update Chrome ini, Google memiliki target untuk memberikan pengalaman browsing yang lebih aman kepada pengguna. Di mana sebelum memutuskan untuk mendaftarkan nomor telepon atau informasi pribadi lainnya ketika diminta halaman yang sedang dibuka, pengguna mengetahui dengan benar apa saja yang akan didapatkan dari subscription yang berbayar tersebut. Berikut adalah kriteria yang menjadi patokan Chrome dalam meningkatkan pengalaman keamanan pengguna dalam hal subscription berbayar:

  1. Informasi billing yang jelas terlihat oleh pengguna

Terkadang, beberapa situs berbuat curang dengan tidak menampilkan informasi yang jelas dan eksplisit mengenai ketentuan subscription atau menyembunyikannya sehingga pengguna tidak bisa mengakses informasi krusial tersebut secara langsung.

  1. Biaya subscription yang jelas

Nyatanya, Chrome banyak menemukan pengguna yang ditagih sejumlah pembayaran yang kurang jelas asalnya dari subscription di mana pengguna mendaftarkan informasi nomor ponselnya. Meskipun informasi biaya subscription sudah ditampilkan, kadang tulisan tersebut disamarkan misalnya dengan menggunakan warna tulisan yang serupa dengan warna background subscription form-nya sehingga pengguna tidak begitu memperhatikan tulisan tersebut dan dengan sukarela mendaftarkan nomor ponselnya demi memiliki akses untuk masuk ke konten yang diinginkan.

  1. Struktur biaya yang mudah dimengerti

Pengguna berhak untuk mengetahui dengan jelas formula apa yang digunakan sehingga jumlah biaya yang ditagihkan bisa sedemikian rupa. Misalnya biaya berlangganan bulanan bisa naik apabila ada fitur-fitur tambahan yang ingin dimiliki. Informasi ini harus disampaikan dengan jelas dan secara langsung, mudah dimengerti sehingga tidak berbelit.

 

JASA PEMBUATAN WEBSITE https://velocitydeveloper.com

 

Langkah Chrome untuk memberikan peringatan kepada pengguna

Di versi baru Chrome nantinya jika ada situs yang meminta informasi nomor ponsel atau informasi pribadi lainnya kepada pengguna yang mengunjungi situs tersebut, namun tidak menampilkan informasi yang jelas mengenai hal-hal di atas, maka Chrome akan menampilkan peringatan kepada pengguna. Tampilan peringatan akan muncul di versi desktop, mobile, maupun Android yang isinya adalah “The page ahead may try to charge you money” kemudian tersedia dua pilihan untuk melanjutkan proses, atau keluar dari halaman tersebut.

Selain kepada pengguna, Chrome juga akan mengirimkan pemberitahuan kepada webmaster untuk melakukan klarifikasi jika ada perubahan terkait informasi billing sesuai dengan standar Google. Tetapi peringatan ini tidak akan muncul pada situs yang sudah menampilkan informasi sesuai dengan kriteria UX dari Google, dan peringatan yang muncul juga tidak memengaruhi indeks rangking di hasil pencarian Google.