Cari Tahu Manfaat Google Webmaster Tool

Tuesday, January 8th 2019. | Artikel
Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tool

Pastinya masih banyak diantara kita yang belum memahami benar apa itu Google Webmaster Tool. Jangan khawatir karena berikut ini kami akan memberikan ulasan menarik untuk Anda, tentunya mengenai definisi hingga manfaat menggunakan Google Webmaster Tool.

Definisi Google Webmaster Tool

Webmaster merupakan seorang atau sebuah grup yang sengaja dibentuk untuk mengembangkan dan mengelola sebuah website sehingga bisa terus berjalan dan memungkinkan untuk diakses oleh para pengguna situs. Kini semakin mudah melakukan kegiatan perancangan, pengelolaan, pemeliharaan hingga pengembangan situs karena telah hadir Google Webmaster Tool. Google Webmaster Tool ialah salah satu fitur yang sengaja dirancang secara khusus oleh platform Google guna memberikan kemudahan untuk penggunaan situs di area Google. Kehadiran webmaster ini akan membuat para pengguna menjadi mudah dalam memantau segala aktivitas situsnya di bagian mesin pencari. Semakin menarik karena semua keunggulan ini bisa diperoleh secara gratis alias tidak berbayar lho.

Manfaat Mendaftarkan Situs di Google Webmaster Tool

Secara umum, Google Webmaster Tool memiliki fungsi utama untuk melihat website yang sudah didaftarkan pada Google Index, Search Trafik dan masih banyak lainnya. Lebih rinci, yuk coba simak beberapa daftar manfaat menggunakan Google Webmaster Tool berikut ini!

Konfigurasi blog

Dengan menggunakan Google Webmaster Tool, salah satu manfaat yang bisa Anda peroleh kemudahan dalam konfigurasi blog, yaitu berkaitan erat dengan cara mengatur target geografis blog sesuai apa yang ingin dituju atau ditargetkan, perubahan alamat, URL parameter, pengaturan pengguna Google Webmaster Tool dan masih banyak lainnya.

Mengetahui informasi kinerja situs

Manfaat selanjutnya ialah Anda bisa dengan mudah mengetahui segala informasi mengenai kinerja situs web yang Anda kelola. Anda bisa mengetahui bagaimana caranya bisa melihat proses loading di situs yang Anda kelola dengan mudah, apakah berjalan cepat atau malah lambat. Dengan mengandalkan Google Labs dari Google Webmaster Tool, Anda bisa mengetahui seberapa cepat situs yang Anda kelola saat diakses jika dibandingkan kecepatan dari situs lainnya. Cukup klik di bagian history kecepatan maka Anda bisa mengambil tindakan tepat setelahnya.

Mengetahui informasi aktivitas situs web

Berikutnya ialah kemudahan dalam mengetahui semua informasi mengenai aktivitas situs web, mulai dari melihat URL yang telah di index oleh Google. Memeriksa link yang banyak dikunjungi oleh pengguna situs, melihat kesalahan pada Grawl oleh Google, memindai kesalahan server maupun kesalahan dan lainnya. Perlu diketahui secara umum tidak semua situs web mengetahui trik membedakan link error dan link normal sehingga sering kali terjadi kesalahan yang mengakibatkan situs menjadi error. Hal inilah yang patut Anda antisipasi dari awal dengan menggunakan Google Webmaster Tool.

Itulah ulasan ringkas seputar keuntungan atau manfaat mendaftarkan situs Anda di Google Webmaster Tool. Silahkan mencoba dan buktikan sendiri manfaatnya, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk pengembangan situs web Anda.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: , , ,