Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Bagaimana Uang Mengalir?

Monday, January 26th 2015. | Artikel

Pelajaran tentang Bagaimana uang mengalir dikemukakan oleh Robert T Kiyosaki dalam bukunya Cashflow kuadrant. Walaupun ada yang mencibir buku yang ditulis oleh Robert T Kiyosaki ini, namun saya merasa penjelasan Kiyosaki dalam hal Cashflow kuadran ini sangat bermanfaat untuk memahami ke mana aliran kas yang sebenarnya.

Kiyosaki membagi pekerjaan ke dalam 4 kelompok besar, yaitu pekerja, professional, pengusaha dan investor. Masing masing pekerjaan tersebut memiliki cara khas dalam mengalirkan uang ke dalam diri dan keluarganya. Pekerja merupakan tipe orang yang mengalirkan uang untuk dirinya dengan menggunakan tenaganya. Dia memiliki tenaga, kemudian ada orang lain yang membutuhkan tenaganya lalu membayarnya dengan uang, maka uang pun ia terima. Kelompok ini merupakan kelompok yang dianggap berpotensi paling kecil untuk mengalirkan uang ke dalam dirinya, tetapi sekaligus yang paling kecil mengeluarkan uang dari dirinya. Dengan kata lain aliran kas masuk dan keluarnya paling kecil.

Kelompok kedua adalah orang yang menggunakan keahliannya untuk mendapatkan uang, kelompok yang sering disebut orang professional ini, dibayar lebih tinggi, dari pada orang yang menggunakan tenaganya.

Kelompok ketiga, yaitu pengusaha atau pemilik perusahaan adalah orang yang menggunakan orang lain untuk mendapatkan uang. Dia menggunakan tenaga orang lain, dan keahlian orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan, kemudian mengambil keuntungan dari pekerjaan tersebut.  Penghasilannya hanya dibatasi oleh seberapa banyak orang yang mau dan mampu dia pekerjakan.

Kelompok investor adalah kelompok berikutnya yang menggunakan uangnya untuk mencari uang. Dia meminjamkan uangnya untuk orang lain yang melakukan kegiatan bisnis, kemudian ikut menikmati keuntungan dari kegiatan bisnis tersebut. Penghasilannya hanya dibatasi oleh seberapa banyak uang yang ia investasikan.