Berapa harga satu projek membuat web

Sunday, May 6th 2018. | Artikel

Berapa harga satu projek membuat web desain mewah, elegan, dan professional. Gratis Email, Gratis pemanduan, Bisa mengajukan desain sendiri (custom Desain), Garansi dari hacker dan virus.

Konsultasi Pemesanan Web Hubungi SMS/ TELP/ WA:

Indosat: 0857 2931 9861

Telkomsel: 0821 3630 2531

XL: 0877 3497 3348

Untuk Cek Harga Web & Contoh Desain Klik di Sini

 

Contoh desain website di semarang

Contoh desain website di semarang – segorointerkon.co.id

 

Mengetahui Harga Pembuatan Website

Di era sekarang ini, kita menyebutnya dengan era dunia digital, era dimana semua serba online. Kebutuhan manusia akan sebuah website baik itu website pribadi, website toko online, website lembaga pendidikan, website perusahaan, atau yang lainnya sudah menjadi hal yang sering dijumpai. Saat ini banyak sekali orang diluar sana yang memiliki website sendiri. Namun, tahukah anda sebenarnya berapa harga satu projek membuat web yang harus dipersiapkan?

Pada dasarnya tidak ada patokan khusus berapa harga satu projek membuat web secara pasti, semuanya mengikuti bagaimana bentuk website dan perkembangan harga komponen-komponen website itu sendiri, komponen-komponen itu seperti harga domain, harga theme atau plugin dan harga hosting yang digunakan.

Membuat website memerlukan sebuah content management system (CMS), ini yang biasanya membuat harga sebuah website menelan biaya yang besar, kecuali kita bisa mendesain tampilan website sendiri dengan bahasa pemrograman yang biasa digunakan seperti HTML, JavaScript, PHP, dan CSS.

Apa Saja Komponen Dan Berapa Harga Satu Projek Membuat Web

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sebuah projek website memerlukan komponen-komponen yang harus dipenuhi, dan komponen-komponen ini yang nantinya akan menentukan berapa harga satu projek membuat web

·                     Domain
Harga Domain ini sangat bervariasi, mulai dari domain gratis sampai domain berharga satu juta rupiah lebih pun ada dan bisa anda dapatkan. Disini istilah ada harga ada kualitas juga berlaku. Jika anda tidak mempunyai modal yang cukup besar, anda bisa menggunakan domain gratis atau domain berbayar dengan harga tidak lebih dari 150.000 rupiah. Harga domain berbayar tersebut adalah harga rata-rata nama domain yang didaftarkan di situs luar negeri atau di situs local. Kecuali harga domain id ( dot id ) yang harganya masih di kisaran 400.000 – 500.000 rupiah. Jika anda mempunyai budget yang cukup besar, anda bisa membeli domain cantik dengan harga yang lebih mahal. Meskipun demikian, domain cantik tidak bisa maksimal nantinya jika domain yang mahal atau cantik tersebut tidak diikuti dengan kontent dan teknik SEO yang berkualitas.

·                     Hosting/VPS
Tidak berbeda halnya harga domain, harga hosting juga sangat bervariatif, tergantung spesifikasi dan penyedia hosting yang digunakan. Hosting juga ada yang gratis dan ada yang berbayar. Hosting gratis biasanya memiliki fitu-fitur yang tidak begitu lengkap dan sangat tidak rekomended. Anda sebaiknya membeli hosting berbayar harga hosting sendiri rata-rata mulai dari 5000 rupiah perbulan. Dalam pemilihan hosting, anda harus lebih cermat melihat spesifikasi hosting atau VPS yang akan dipilih. Yang pelu diperhatikan adalah Database, Bandwidth, RAM, HDD, CPU, Addon Domain, Email dan fitur-fitur lainnya. Hosting standar biasanya berada dikisaran harga 25 ribu sampai 50 ribu rupiah perbulan. Sedangkan harga VPS standar biasanya berada dikisaran 50 ribu sampai 80 ribu rupiah perbulan.

·                      Web Design
JIka anda yang tidak mau menggunakan CMS seperti wordpress, joomla, drupal, dan lain sebagainya, anda harus mempersiapkan biaya untuk membayar jasa web design. Untuk jasa web design saat ini berada di kisaran antara 1 juta sampai puluhan juta rupiah. Biasanya jasa web design berada satu paket dengan jasa pembuatan website. Untuk satu paket jasa web design dan pembuatan website harga berkisar antara 2 juta sampai ratusan juta rupiah.

·                     Theme dan Plugin Premium
Jika anda menggunakan CMS seperti wordpress dan ingin menggunakan theme dan plugin premium, anda harus mempersiapkan dana yang lebih besar lagi. Untuk dana yang harus disiapkan sangat berveriasi, tergantung pihak pembuat theme dan plugin. Tetapi rata-rata harganya berkisar antara 250 ribu sampai 1 juta rupiah. Kenapa menggunakan theme dan plugin premium, penggunaan plugin dan theme premium lebih memperindah tampilan, akan menambah fitur-fitur yang tersedia juga akan  meningkatkan kualitas SEO website yang tersebut. Namun bukan berarti setiap website yang menggunakan theme dan plugin premium bisa dengan mudah muncul di page one google, banyak sekali faktor-faktor yang lain harus anda perhatikan untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine. Yang terpenting adalah pemahaman terhadap SEO on page, off page serta beberapa pengetahuan dasar HTML, PHP dan CSS. Hal ini juga bertujuan supaya harga pembuatan website bisa ditekan serendah mungkin.

·                     Jasa SEO
SEO sangat dibutuhkan untuk mendapatkan posisi yang bagus di pencarian search engine seperti google. Jika anda kurang bias atau tidak mempunyai banyak waktu untuk mempelajari dan mengamalkan ilmu SEO, anda bisa menyewa penyedia jasa SEO yang banyak muncul di dunia maya, baik lokal maupun mancanegara. Anda bisa menyiapkan dana sekitar 2 juta sampai 5 juta rupiah untuk membayar penyedia jasa SEO.

Mengacu pada pembahasan diatas, maka bisa dihitung berapa harga satu projek membuat web sangatlah bervariatif. Untuk website biasa saja biaya pembelian domain dan hosting / VPS, kurang lebihnya biaya yang harus disiapkan adalah 150.000 untuk domain, 600.000 (50.000×12) untuk hosting / VPS, jadi totalnya sebanyak 750.000 pertahun.

Harga pembuatan website tersebut bias  bertambah lebih besar jika anda menambahkan theme / plugin premium, jasa seo serta jasa web design dalam proses pembuatan websitenya. Silahkan anda kalkulasikan sendiri kira-kira membutuhkan biaya seberapa besar untuk membuat website yang baik dan bagus seperti impian anda.

tags: , , , , , , , , , , ,