Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Ciri Ciri Khas Website Penipuan

Friday, January 25th 2019. | Artikel
Website Penipuan

Website Penipuan

Para pelaku kriminal kini memanfaatkan teknologi untuk hal hal yang lebih jahat. Website Penipuan adalah salah satu produknya. Tidak jarang bukan sekarang ini kita temui link yang mengarahkan kita ke suatu web, dan setelah dibuka nyatanya jebakan. Sebagai pengguna internet yang bijak, kita wajib tahu bedanya web asli dan web palsu.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

1. Perhatikan Nama Websitenya

Typo atau kesalahan dalam pengetikan adalah hal yang lumrah. Ternyata jika tidak jeli, hal ini bisa berakibat fatal, dan menjadi celah empuk bagi para pelaku kriminal beraksi. Salah ketik web yang akan kita kunjungi ternyata kita bisa membawa ke web palsu yang sangat mirip aslinya. Salah satu yang pernah cukup marak adalah website bank BCA, yang aslinya adalah klikbca menjadi klickbca. Saat tidak sadar telah salah ketik dan masuk ke web palsu tersebut, disitulah para pelaku kriminal dapat mencuri data data pribadi siapa pun yang terjebak di dalamnya. Jadi sangat perlu bagi anda untuk membaca ulang apa yang anda ketik sebelum klik enter.

2. Perhatikan HTTP dan HTTPS

keduanya memang terlihat mirip, namun sebenarnya berbeda. Perbedaan huruf S di bagian belakang membuat perbedaan besar. S itu adalah kepanjangan dari Secure, dan tentunya jika masuk ke dalam HTTPS maka data data pribadi pengunjungnya akan di enkripsi. Jadi kita semua patut curiga jika telah masuk ke dalam situs yang memberikan hadiah gratis, tapi tidaklah menggunakan HTTPS. Jika anda memaksa untuk tetap mengikuti undian itu, bisa jadi bukan hadiah yang didapat melainkan amal kepada pelaku kriminal.

3. Hati Hati saat menyebarkan dan mengikuti sebuah link

Link yang disebarkan melalui media sosial tidak semuanya baik. Kebanyakan justru malah merupakan Root Domain alias domain yang telah dimodifikasi. Kalimat kalimat seperti sebarkan pesan yang berisi suatu web ini kepada 10 teman anda, maka anda akan mendapatkan hadiah mobil. Link link seperti inilah yang sangat berbahaya dan patut untuk dicurigai. Jadi saat mendapatkan pesan berantai seperti ini lebih baik anda tidak perlu ikut ikutan masuk sekalipun dengan iming iming hadiah menarik. Intinya adalah perhatikan domain dan juga sub domain yang ada pada setiap website.

4. Perhatikan konten

Ada beberapa orang berpendapat bahwa domain yang berbayar adalah domain asli. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena domain berbayar pun ada yang biayanya sangat murah. Jadi selain memperhatikan tampilan, dan juga hal hal kecil lainnya, anda juga harus memperhatikan isi yang ada di dalamnya. Salah satu contoh Website Penipuan adalah situs pinjaman online, yang syarat dan ketentuannya terdengar aneh, dan tidak jelas atau menawarkan sesuatu yang sangat menggiurkan jika dibandingkan dengan situs resmi lainnya. Hal hal yang tidak wajar ini yang justru patut dicurigai kebenarannya.

tags: