Contoh Web Desa yang Simpel Namun Informatif

Sunday, May 20th 2018. | Artikel

Di bawah ini adalah Contoh Web Desa yang Simpel Namun Informatif yang bisa kami buat

contoh web desa

contoh web desa

 

HARGA: Rp 1.200.000

 

Konsultasi Pemesanan Web Hubungi SMS/ TELP/ WA:

Indosat: 0857 2931 9861

Telkomsel: 0821 3630 2531

XL: 0877 3497 3348

Untuk Cek Harga Web & Contoh Desain Klik di Sini

 

Unsur-Unsur pada Web Desa

Dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, penting artinya bagi sebuah desa untuk memiliki web desa. Web pemerintahan desa bisa menjadi wadah bagi setiap masyarakat desa seperlu memperbarui informasi terkini. Demikian pula dengan pengunjung yang lain, sekiranya juga bisa mendapat info bermanfaat hanya dengan mengunjungi web desa.

Sebuah web desa yang baik didesain dengan menonjolkan kearifan lokal. Layout bisa dibuat simpel namun cukup padat informasi. Misalnya pada laman utama bisa diberikan menu navigasi di bagian atas lama. Untuk menu sebaiknya disesuaikan kebutuhan pemerintah desa. Sebagai contoh menu Teras Desa, Profile Desa, Lembaga, Database, Layanan, Berita Desa, Galeri, Site Map, dan Iklan. Masing-masing menu terhubung dengan laman lain yang berisikan informasi terkait.

Sementara untuk isi laman utama, bisa diberikan beberapa unsur. Dimana laman utama bisa dibagi menjadi dua bagian dengan fokus di salah satu sisi. Beberapa unsur yang dapat disematkan pada web desa diantaranya:

  • Kolom Search

Seperti laman utama website kebanyakan, kolom search juga dibutuhkan pada web desa. Hal ini mempertimbangkan mungkin tidak semua pengunjung memiliki waktu luang lebih untuk mencari informasi yang dibutuhkan secara perlahan. Kolom search dapat diandalkan untuk mencari info tertentu lebih cepat hanya dengan mengetikkan kata kunci terkait. Hanya saja ini berarti konten dalam web desa harus dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan kata kunci tertentu agar mudah dicari.

  • Kontak

Informasi kontak atau nomor telepon kantor desa bisa diberikan di sisi samping homepage. Dengan adanya kontak kantor desa, pengunjung bisa langsung menghubungi bila sekiranya ada keperluan mendesak. Hanya saja sebaiknya juga dicantumkan jam operasional kantor desa, agar memberi informasi lebih bagi pengunjung.

  • Kalender

Unsur yang satu ini sekilas mungkin tidak penting. Karena penunjung bisa mencari tahu tanggal atau hari melalui media apa saja, termasuk smartphone yang dimiliki. Akan tetapi, bisa jadi dalam kondisi mendesak menengok ke layar ponsel untuk cek tanggal dan hari menjadi hal yang tidak sempat. Karenanya keberadaan kalender dalam web desa bisa cukup membantu.

  • Jam

Unsur pelengkap lain yang tidak ketinggalan adalah jam. Untuk widget jam ini sendiri biasanya sudah disediakan secara gratis. Sehingga bisa dipilih model jam yang dirasa cocok. Namun jasa desain web dapat pula mengupayakan desain yang beda bila memang dibutuhkan.

  • Traffic Pengunjung

Traffic pengunjung umumnya ditampilkan dalam bentuk kotak kecil. Unsur ini menunjukkan berapa banyak pengunjung yang mampir di web desa pada hari tertentu. Dimana bisa pula diatur untuk menunjukkan traffic pengunjung dalam hitungan minggu, bulan, atau tahun.

  • Berita Utama

Pada bagian lama utama yang paling besar bisa dialokaskan untuk menampilkan berita utama. Yakni berupa berita yang tengah terjadi atau hangat dibicarakan. Sehingga pengunjung akan langsung mendapat update informasi.

Itulah beberapa unsur yang sebaiknya ada dalam web desa. Dari sisi kebutuhannya, web desa memang cukup desain simpel tapi informatif. Kami berpengalaman dan kompeten dalam membuat desain web desa sesuai kebutuhan.

tags: , , , , , ,